Waduk dan Embung Solusi Banjir

Waduk dan Embung Solusi Banjir

ilustrasi

Bandung- Pembangunan waduk dan embung atau folder air di Kabupaten Bandung, menjadi bagian dari rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menangani banjir. Hal tersebut telah menjadi kesepakatan hasil rapat koordinasi Pemrov Jabar dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.?

?Wakil Gubernur  Jabar, Deddy Mizwar mengatakan, rencana pembuatan folder dan waduk terus dilanjutkan mengingat kebutuhannya sangat mendesak untuk mengatasi banjir luapan Sungai Citarum.

"BBWS memaparkan akan membangun 22 waduk kecil ditambah 3 folder besar di Bojong Citepus, Parunghalang, dan Cieunteung," kata Deddy Mizwar di Kantor Kecamatan Dayeuhkolot, Selasa (23/12/2014).

Saat ini, kata pria yang akrab dipanggil Demiz, BBWS tengah membangun dua folder di Bojong Citepus dan Parunghalang, namun sayangnya tidak berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan pompa penyedot air di folder tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

"Ini harus menjadi perhatian serius BBWS karena folder dan pompa yang tengah dibangun tidak berfungsi dengan baik. Pompanya juga harus diperhatikan, terutama saat banjir," ujarnya.

Demiz berharap, BBWS yang memegang anggaran cukup besar ini bisa bekerja dengan baik. Itu karena selama ini meski memegang anggaran besar namun hasilnya tidak signifikan. Sehingga, ia menduga terjadi suatu kekeliruan pengerjaan.

?"Jangan sampai pinjaman Rp 35 triliun lenyap entah kemana. Dampak perbaikannya harus terasa. Kalau tidak ada perawatan dan kontrol percuma," katanya.? (AY)

.

Categories:Bandung,