Pertahankan Kawasan Pertanian

Pertahankan Kawasan Pertanian

Ilustrasi Foto(Net)

Bandung - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengintruksikan kepada seluruh kepala daerah kota/kabupaten untuk mempertahankan kawasan pertanian di wilayahnya masing-masing sebagai upaya menjaga ketahanan masyarakat.

"Kami meminta seluruh kepala daerah mempertahankan lahan pertanian," kata Gubernur usai rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Jabar bersama kepala daerah se-Jabar di Gedung Sate, Bandung, Selasa (23/12/2014).

Ia menuturkan, luas lahan pertanian di Jabar sudah seharusnya dipetahankan yang saat ini sesuai data Badan Pusat Statistik 2013 seluas 925.000 hektare.

Pemerintah daerah, lanjut Gubernur, harus memiliki rencana induk ketahanan pangan dan menetapkan luas lahan pertanian pangan berkelanjutan.

"Harus punya masterplan ketahanan pangan masing-masing kota dan kabupaten," katanya.

Gubernur juga meminta adanya regenerasi petani dengan melakukan pemberdayaan petani baru sebagai upaya menjaga ketahanan pangan.

Selain itu, kata Gubernur keberadaan petani muda dapat menjaga produksi pangan lokal, sekaligus menangkal serbuan pangan impor.

"Adanya pemberdayaan generasi muda dan ketahanan pangan bisa menangkis serbuan sayuran, buah-buahan ataupun bahan pangan impor," katanya.

Upaya lain untuk lebih mencintai produk pangan lokal, Gubernur mengintruksikan agar setiap kegiatan rapat di kota/kabupaten tidak menyajikan makanan-makanan impor.

"Memang kecil langkah ini tapi akan besar jika dilakukan secara masif. Langkah ini untuk mendukung petani-petani lokal," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,