Dana Rp 900 M Tanggulangi Bencana

Dana Rp 900 M Tanggulangi Bencana

ilustrasi

Bandung - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ledia Hanifa Amaliah mengatakan pemerintah pusat sudah siap menggelontorkan dana sebesar Rp 900 miliar khusus penanggulangan bencana alam tahun anggaran 2015.

"DPR telah memutuskan untuk membolehkan ada dana 'on call' sebesar Rp900 miliar yang sudah bisa keluar Januari," kata Ledia usai menghadiri kegiatan Wayang Dakwah dan Media Gathering dalam rangka peresmian kantor Komunikasi dan Informasi Ledia Hanifa Amaliah di Kota Bandung, Selasa (23/12/2014).

Ia menuturkan, dana bencana alam untuk tahun 2015 itu sudah dibahas dan diputuskan sebelumnya oleh anggota DPR RI periode sebelumnya.

Keputusan itu, lanjut dia, merupakan antisipasi DPR dan eksekutif yang selalu kesulitan mengucurkan dana penanggulangan bencana alam pada awal tahun, karena terbentur aturan birokrasi.

"Jadi kita sudah sepakati, kalau ada kejadian (bencana alam) di awal atau akhir tahun bisa dikeluarkan tanpa disetujui DPR," kata politisi perempuan dari PKS itu.

Menurut dia, kesiapan anggaran bencana tersebut merupakan langkah tepat pemerintah dalam tanggap terhadap kejadian bencana.

Apalagi, lanjut dia, akhir dan awal tahun merupakan bulan bencana yang semua pihak tekait harus siap melakukan langkah cepat dan tepat dalam penanggulangannya.

"Kita sudah memprediksi Januari-Februari bulan bencana, tapi kita tidak ingin harapkan, tapi ini menjadi kesiapan kita," katanya.

Namun upaya pemerintah pusat tersebut, kata Ledia, perlu didukung oleh pemerintah daerah dalam pelaksanaan penanggulangan bencana alam.

Salah satu yang harus disiapkan pemerintah daerah, kata dia, membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar penyaluran dana tanggap bencana alam dapat cepat diberikan.

"Kalau di undang-undang bantuan itu bisa diberikan kalau ada BPBD, atau ada penanggung jawabnya siapa, baru bisa dikucurkan," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,