Tiongkok Umumkan 23 Pemain di Piala Asia

Tiongkok Umumkan 23 Pemain di Piala Asia

ilustrasi

Beijing - Tiongkok, Selasa (23/12/2014) mengumumkan 23 nama pemainnya yang akan berlaga pada turnamen Piala Asia yang akan diadakan di Australia, Januari mendatang.
 
Pemain terbaik Asia 2013, Zheng Zhi, yang bermaiin di klub raksasa Guangzhou Evergrande, akan ambil peranan di lini tengah.
 
Zheng yang menjadi pemain kesukaan penonton selama tiga musim di Charlton Athletic dan satu tahun bersama klub raksasa Skotlandia Celtic sebelum pulang ke Tiongkok untuk bergabung dengan Guangzhou Evergrande pada 2010.
 
Pemain internasional di bagian tengah Hao Junmin, yang bermain dalam 14 laga bersama klub Jerman, Schalke 04 pada 2010 dan 2011, juga akan tampil.
 
Pemain lain yang akan memperkuat timnas Tiongkok adalah striker Guangzhou Evergrande Gao Lin dan rekan setimnya di lini tengah Zhang Linpeng, yang mendapat kartu merah tahun ini sehingga menghancurkan harapan mereka untuk meraih gelar juara Liga Champions AFC.
 
Ia akan ditemani di depan oleh Yang Xu, yang bermain untuk klub Shandong Luneng dan mencetak angka Tiongkok pada laga ketika Tiongkok melakukan kampanya melawan Thailand, Oktober lalu.
 
Pemain muda di lini tengah Liu Binbin akan melakukan debut di perebutan piala kawasan itu setelah melakoni laga keras pada liga domestik musim ini.
 
Mantan bos Lyon, Alain Perrin, adalah pelatih timnas Tiongkok, setelah petinggi sepak bola itu lama mencari pengganti pelatih dari Spanyol, Jose Antonio Camacho, yang dipecat setelah mereka kalah memalukan 1-5 atas Thailand, Juni lalu.
 
Tiongkok melewati jalan panjang dan berat sebelum dipastikan maju ke turnamen Piala Asia, di antaranya ketika mereka menang selisih angka setelah tendangan penalti membuat mereka bertahan kendati kalah 1-3 atas Irak pada Maret lalu.
 
Kekalahan 1-3 atas Irak itu membuat mereka menyewa pelatih baru, Perrin, sehingga mereka terhindar dari absen di Piala Asia untuk pertama kalinya sejak tahun 1970-an.
 
Kendati tim kaya Guangzhou tampil sebagai raja klub di sepak bola Asia, tapi Tiongkok amat menyedihkan di level nasional.
 
Tiongkok, yang menang hanya dua kali dari enam babak penyisihan mereka, akan melakukan kerja keras tahun depan di Australia, termasuk untuk mengimbangi juara bertahan Jepang dan Korea Selatan.
 
Berikut ini susunan pemain Tiongkok.
 
Penjaga gawang : Wang Dalei (Shandong Luneng), Zeng Cheng (Guangzhou Evergrande), Yan Junling (Shanghai SIPG) Pemain bertahan : Zhang Linpeng (Guangzhou Evergrande), Ren Hang (Jiangsu Guoxin-Sainty), Zhang Chengdong (Beijing Guoan), Jiang Zhipeng (Guangzhou R&F), Mei Fang (Guangzhou Evergrande), Ji Xiang (Jiangsu Guoxin-Sainty), Li Ang (Jiangsu Guoxin-Sainty) Pemain tengah : Zheng Zhi (Guangzhou Evergrande), Wu Xi (Jiangsu Guoxin-Sainty), Hao Junmin (Shandong Luneng), Yu Hanchao (Guangzhou Evergrande), Wu Lei (Shanghai SIPG), Yu Hai (Guizhou Renhe), Sun Ke (Jiangsu Guoxin-Sainty), Liu Jianye (Jiangsu Guoxin-Sainty), Liu Binbin (Shandong Luneng), Liao Lisheng (Guangzhou Evergrande), Cai Huikang (Shanghai SIPG) Pemain depan : Gao Lin (Guangzhou Evergrande), Yang Xu (Shandong Luneng). (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,