1,8 Juta TKI Bermasalah segera Dipulangkan

1,8 Juta TKI Bermasalah segera Dipulangkan

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, sebanyak 1,8 juta tenaga kerja Indonesia (TKI) bermasalah akan dipulangkan ke daerah asalnya.(Foto:Net)

Surabaya  - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, sebanyak 1,8 juta tenaga kerja Indonesia (TKI) bermasalah akan dipulangkan ke daerah asalnya, dan ditargetkan selesai hingga akhir 2015.


"Pemulangannya bertahap mulai pekan ini hingga tahun depan," ujarnya usai Sosialisasi Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera dalam rangka Hari Ibu di Kantor DPD PDIP Jatim di Surabaya, Rabu (24/12).

Menurutnya, TKI bermasalah bukan hanya ilegal atau tanpa dokumen resmi, namun juga TKI legal yang tersandung beberapa masalah, dan jalan satu-satunya adalah dideportasi.

Sebagai tahap awal, lanjutnya  pada Selasa (23/12) sudah ada 494 TKI dijemput dari Malaysia menggunakan pesawat Hercules dan dipulangkan ke daerah masing-masing.

"Khusus hari ini juga TKI lainnya akan dijemput pesawat jenis sama dari Malaysia," ucap Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan era Presiden Gus Dur tersebut.

Sementara itu, terhadap Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, pihaknya mengimbau agar selalu mengkoordinasikannya dengan Kementerian Sosial sehingga bisa dipantau.

"Setiap daerah yang tahu dan bisa memetakan TKI-TKI asal. Saya sudah pesan ke dinas terkait di Jatim agar petanya dikoordinasikan terus karena mereka yang tahu," tutur Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,