Korban Banjir Dijangkiti Berbagai Penyakit

Korban Banjir Dijangkiti Berbagai Penyakit

Ilustrasi Foto(Net)

Bandung - Berbagai penyakit mulai menyerang para pengungsi korban banjir di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang, Kab. Bandung.

Petugas medis Puskesmas Dayeuhkolot Evi Hanafiah mengatakan, banjir yang telah memasuki hari keenam ini mulai menimbulkan berbagai gangguan penyakit. Misalnyai Insfeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), diare, gatal-gatal, pusing dan pegal-pegal banyak dirasakan warga.

"Kami mulai banyak melayani pasien pengungsi yang berobat pada hari keenam banjir ini. Pelayanan kesehatan gratis memang kami sediakan di beberapa titik pengungsian," kata Evi Hanafiah, Rabu (24/12) siang.

Pelayanan kesehatan gratis ini, lanjut Evi, dilakukan di beberapa titik seperti di Koramil 0908 Dayeuhkolot dan Puskesmas Dayeuhkolot, juga di titik-titik lain yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Sejak Minggu (21/12) pelayanan kesehatan bagi korban banjir sudah dilakukan dan masyarakat yang sakit cukup banyak.  Sampai pukul 12.00 saja sudah tercatat 100 orang warga yang memeriksakan diri," ujarnya.

Bahkan kata Evi, terdapat beberapa warga yang sudah dirawat di RS Al-Ihsan Baleendah. Sedangkan untuk warga yang sakitnya tidak parah, petugas medis hanya memberikan obat-obatan.

Untuk persediaan obat-obatan, lanjutnya hingga saat ini masih mencukupi. Namun demikian, ia tetap mengkhawatirkan jika persediaan habis, pengiriman akan sedikit terganggu mengingat akses jalan ke Dayeuhkolot hampir semua terputus.

"Kalau stok obat habis, Kepala Puskesmas sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten, tinggal ngambil.  Tapi yang jadi sedikit kendala kami adalah askes jalan agak susah untuk Dayeuhkolot, soalnya jalan hampir semua terputus oleh banjir," ujarnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,