Misa Malam Natal di Jabar Aman Terkendali

Misa Malam Natal di Jabar Aman Terkendali

kapolda Jabar Irjen Pol Iriawan, Gubernur Jabar Aher dan Pastor Kepala Katedral Bandung Pastor Leo, Rabu Malam

Bandung - Mengenai pengamanan perayaan Natal di gereja gereja seluruh Jawa Barat, Kapolda Jabar Irjen Pol. M Iriawan mengatakan, sterilisasi telah dilakukan di seluruh gereja di Jawa Barat, dan berjalan lancar tanpa ada hambatan

Hal itu diungkapkan Kapolda Jabar saat persiapan kunjungan ke gereja di Kota Bandung bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Mapolrestabes, Jalan Jawa Kota Bandung, Rabu (24/12/2014) malam.

"Sterilisasi alhamdulilah lancar kami  bekerjasama dengan pihak gereja, karena metal detector milik Polda Jabar terbatas. Kita kerjasama dengan pihak gereja untuk membeli alat itu lalu diadakan pelatihan oleh Brimob Polda Jabar kepada internal security gereja. Sehingga mereka bisa mengecek barang  yang dibawa ke dalam steril atau tidak," ujarnya.

Menurutnya, hingga saat ini perayaan natal di wilayah Jawa Barat aman terkendali. "Laporan terakhir sampai sekarang aman, meski hujan merata di seluruh wilayah Jawa Barat, total gereja di Jawa Barat sendiri kurang lebih 4325," jelasnya.

Dia memaparkan mengenai pola pengamanan di setiap gereja, di mana setiap personel yang melakukan penjagaan di gereja dipersenjatai. Ada terobosan baru dalam hal pengamanan ini, yaitu ormas Islam di wilayah Jawa Barat ikut melakukan pengawalan natal tahun ini.

"Untuk pola pengamanan di tiap gereja sama seperti tahun lalu, tiap personel membawa senjata. Kalau polisi bersenjata itu biasa tiap hari personel kita biasa bawa senjata saat pengamanan, namun terobosan barunya ormas islam ikut menjaga di tempat  ibadah umat kristen. Seperti Banser, Ansor, FPI, ada hampir 3.000-an umat islam menjaga gereja di Jawa Barat," bebernya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:natal,