Ah... Belum juga Dilantik, Jokowi Ingkar Janji

Ah... Belum juga Dilantik, Jokowi Ingkar Janji

Aryo Djojohadikusumo (Foto: Net)

Jakarta - Tak bisa dipungkiri lagi, postur kabinet Jokowi-Jusuf Kalla menuai kritik. Apa yang dikemukakan Jokowi pada saat kampanye ternyata jauh meleset. Belum juga dilantik, Presiden terpilih sudah mulai melanggar janji kampanyenya,” kata Wasekjend DPP Partai Gerindra, Aryo Djojohadikusumo, di sela acara diskusi dengan Tim Penggerak Aryo Center di Jakarta, Sabtu (20/9/2014).
 
Ia pun  tak bisa menyembunyikan kekecewaannya lantaran Jokowi tidak konsisten dengan ucapannya saat kampanye, bahwa pemerintahannya akan didukung oleh kabinet yang lebih ramping dibandingkan dengan era SBY. “Dia dulu bilang kalau terpilih akan menyusun kabinet yang lebih ramping dari era SBY, dan semua akan diisi oleh kalangan profesional, karena koalisi mereka dibangun tanpa syarat. Ia menjamin tidak akan ada bagi-bagi kursi bagi parpol pendukungnya, buktinya?” kata Aryo  setengah bertanya.

Dia menilai, hal tersebut adalah bukti bahwa Jokowi-JK mulai melupakan janji-janji kampanyenya.  “Satu per satu janji yang mereka kemukakan saat kampanye mulai dilupakan dan diingkari,” katanya.
 
Sementara itu, Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo mencatat ada tiga janji Jokowi yang telah diingkarinya. Menurutnya, kini koalisi berpotensi menjadi gemuk, karena akan merangkul parpol lain. Selain itu, Jokowi menjanjikan koalisi partai politik (Parpol) tanpa syarat. Nyatanya, kini Jokowi mengalokasikan 16 jabatan menteri untuk parpol. "Mengenai kabinet ramping, Jokowi justru copy-paste postur Kabinet Indonesia Bersatu-II," ujarnya.

Hal lain yang disoroti soal pembatasan subsidi BBM. Tiba-tiba parpol pengusung Jokowi yang dulu menentang dengan lantang kenaikan harga BBM, berbalik meminta SBY segera menaikkan harga BBM. “Wah, melihat ketidakkonsistenan mereka ini, saya sangat khawatir, terhadap nasib dan masa depan rakyat yang telah memilih mereka. Sebagai wakil rakyat yang akan mewakili aspirasi di parlemen, saya sangat prihatin melihat realitas ini,” tegasnya. (Jr.)*
.

Categories:Politik,