PM Yaman Mengundurkan Diri di Tengah Konflik

PM Yaman Mengundurkan Diri di Tengah Konflik

PM Yaman, Mohammed Salem Basindwa (Foto: Net)

Yaman - Di Tengah meningkatnya bentrokan yang terjadi di ibu kota antara pemberontak Syiah Houthi dan tentara pemerintah, akhirnya Perdana Menteri Yaman, Mohammed Basindwa mengundurkan diri dari jabatannya, Sabtu (20/9/2014) waktu setempat.

Sementara pemberontak mengaku telah merebut markas-markas besar pemerintahan. Kementrian-kementrian kunci, dan lembaga penyiaran negara. Sejumlah orang tewas dalam bentrokan itu, dan ratusan orang lainnya terpaksa mengungsi meninggalkan rumahnya di Kota Yaman untuk menyelamatkan diri dari krisis berdarah itu.

Belum lagi asap terus berkobar yang digempur milisi Syiah yang datang dari pegunungan. Bentrokan antara pemberontak dan pasukan yang setia kepada Partai Islah, partai berkuasa yang berhaluan Sunni menimbulkan keraguan akan kesepakatan gencatan senjata, yang di dukung PBB seperti yang dilansir BBC.

Houthi yang tinggal di kawasan pegunungan di utara Yaman, berhasil melaju ke ibu kota Sana;a sejak beberapa keann. Tekanan ini menimbukan ketidakpastian antara pasukan lawan dan melakukan unjuk rasa menuntut hak-haknya lebih jauh. (Ode)**

.

Categories:Internasional,