Cuaca Ekstrem di Bandung Hingga Januari 2015

Cuaca Ekstrem di Bandung Hingga Januari 2015

ilustrasi

Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandung, Jawa Barat, mengingatkan warga di kawasan Bandung Raya untuk mewaspadai cuaca ekstrem yakni hujan disertai petir dan angin puting beliung.

"Saat ini sudah musim hujan, diperkirakan puncaknya pada Januari 2015 dengan cuaca ekstrem, hujan disertai petir dan angin kencang," kata Prakirawan BMKG Bandung Susiyani di Bandung, Jumat (26/12/2014).

Menurut data harian curah hujan Bandung dan sekitarnya, tertinggi pada Desember 2014 terjadi di kawaan Bandung selatan, terutama Soreang dengan intensitas 123,0 mm.

Sedangkan rata-rata curah hujan tertinggi di Bandung terjadi antara 18 - 20 Desember. Selanjutnya menurun dan awal tahun 2015 diprediksi akan tinggi lagi.

"Curah hukan di Kabupaten Bandung tanggal 19 Desember adalah hujan tertinggi dan itu berdampak banjir di Baleendah," katanya.

Susi mengatakan pada umumnya semua wilayah akan hujan, tetapi hujan berlangsung sporadis di beberapa daerah, karena pergerakan awan yang berbeda.

"Beberapa daerah tidak akan hujan secara bersamaan, karena pergerakan awannya berbeda," kata Susiyani.

Akibat curah hujan tinggi dikawasan Bandung Selatan mengakibatkan banjir besar di kawaan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sebanyak 36 ribu rumah terendam banjir dan 16 ribu warga terpaksa harus mengungsi.

Selain di tiga kecamatan itu, banjir juga terjadi di lima kecamatan lainnya yakni Kutawaringin, Rancaekek, Pameungpeuk, Cicalengka dan Solokanjeruk.

Sedangkan cuaca buruk berupa angin puting beliung juga merusak ratusan rumah di Ciparay dan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bencana,