KONI Jabar Revisi Program Kerja dan Latihan

KONI Jabar Revisi Program Kerja dan Latihan

ilustrasi

Bandung - KONI Jawa Barat akan merevisi program kerja dan pelatihan menyusul nilai anggaran senilai Rp 80 miliar yang disetujui pada APBD 2015 jauh dari kebutuhan program kerja yang telah disusun.

"KONI Jabar mendapat dana hibah untuk pembinaan atlet senilai Rp 80 miliar, nilainya seperti tahun lalu. Jelas harus melakukan perubahan program disesuaikan dengan anggaran ini," kata Sekretaris Umum KONI Jabar MQ Iswara di Bandung, Jumat (26/12/2014).

Sebelumnya KONI Jabar mengajukan anggaran senilai Rp180 miliar untuk pembinaan prestasi atlet tahun 2015 yang merupakan tahun strategis menjelang PON XIX/2016 dimana Jabar akan menjadi tuan rumah dengan target menjadi Juara Umum.

Meski tidak sesuai dengan pengajuan, namun KONI Jabar mengapresiasi Pemprov Jabar yang juga akan membangun sejumlah fasilitas pertandingan untuk PON XIX/2016, sehingga ke depannya akan menjadi sarana olahraga yang akan dimanfaatkan untuk pembinaan atlet Jabar.

"Dengan anggaran itu, maka kami akan melakukan penyesuaian program. Prioritas untuk pembinaan atlet, pelatih dan pendukung prestasi lainnya," kata Iswara.

Ia mengakui, KONI Jabar akan melakukan pengetatan dan memangkas beberapa program yang sebelumnya akan digulirkan pada tahun 2015.

"Penyesuaian dan pengetatan angggaran dibeberapa pos tentu akan diberlakukan, salah satunya di kesekretariatan, umum dan beberapa bidang lainnya yang tidak terkait pembinaan atlet secara tidak langsung," katanya.

Revisi program itu menurut dia merupakan hal biasa dilakukan, dan ia berharap KONI Jabar mendapat tambahan anggaran pada APBD perubahan 2015 mendatang sehingga beberapa program lainnya bisa digarap untuk mendukung pelatihan dan pembinaan atlet.

Terkait pelaksanaan Pelatda PON XIX/2016, menurut Iswara akan digulirkan kembali awal Januari 2015, terutama cabang-cabang olahraga yang ditangani oleh pelatih Korea.

"Mulai Januari 2015 semua atlet cabang olahraga yang ditangani atlet Korea sudah masuk, berikutnya disusun oleh cabang lainnya. Jabar sudah melakukan Pelatda jangka panjang sejak dua tahun lalu," kata Iswara.

Selain itu, KONI Jabar juga akan melakukan verifikasi kepada 44 cabang olahraga dan melakukan evaluasi menyeluruh dari berbagai kegiatan yang digelar di Jawa Barat, termasuk evaluasi Porda 2014 dan hasil di PON Remaja 2014. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:olahraga,