Nama Kementerian Kabinet Jokowi-JK Diumumkan Hari ini

Nama Kementerian Kabinet Jokowi-JK Diumumkan Hari ini

Kabinet Indonesia Bersatu 2

Jakarta - Deputi Tim Transisi Presiden Terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), Akbar Faisal mengatakan, saat ini tim penyelaras masih mencocokkan nama kementerian. Rencananya presiden dan wakil presiden Jokowi-JK akan mengumumkan nama 34 kementerian tersebut pada Senin (22/09/2014) hari ini.

Sejauh ini,tim penyelaras sudah menyelesaikan tugas menyesuaikan nama kementerian. Hingga tadi malam tim penyelaras masih bekerja mencocokkan nama-nama kementerian tersebut. Sebab, ada bidang yang sebenarnya berhubungan atau terintegrasi. Kalau tidak diselaraskan, kinerjanya nanti bisa tumpang tindih. "Ini yang dilakukan tim penyelaras," ujar Akbar di Jakarta, Minggu (21/09/2014).

Soal apa saja nama kementerian, dia mengatakan semua kewenangan presiden dan wakil presiden. Tapi yang paling utama, tambah Akbar, akan ada tugas spesifik untuk setiap kementerian. Dia mencontohkan Kementerian Pariwisata yang selama ini terlalu banyak mengurusi hal yang kurang prioritas. Pada masa pemerintahan Jokowi-JK, menteri pariwisata nanti bertugas menjual potensi wisata. 

Sesuai informasi yang diperoleh wartawan, sudah ada pembagian menteri untuk setiap partai politik. Jatah 16 menteri untuk parpol itu telah didistribusikan ke setiap parpol pendukung Jokowi-JK. Perinciannya, 5 jatah menteri untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), 3 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), 3 Nasional Demokrat (Nasdem), 2 Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan 1 PKPI.

Artinya, masih ada dua posisi menteri asal parpol yang kosong. Posisi kosong tersebut diprediksi akan menjadi rebutan partai anggota Koalisi Merah Putih (KMP) yang akan bergabung dengan kubu Jokowi-JK. Selama ini yang disebut-sebut bakal bergabung adalah PPP, PAN, dan Partai Demokrat. "Memang ada tiga partai KMP yang sedang berkomunikasi intens dengan kami," ujar politikus Partai Nasdem itu.

Sementara Wakil presiden terpilih JK menuturkan, siapa saja nama orang yang akan menduduki posisi menteri masih terus dimatangkan. Rencananya, pada 20 Oktober, tepat saat pelantikan presiden dan wakil presiden, nama 34 menteri itu diumumkan. "Siapa orangnya baru diketahui 20 Oktober," ungkapnya. (AY)

.

Categories:Politik,