Chelsea, City dan MU Jauhi Rivalnya

Chelsea, City dan MU Jauhi Rivalnya

Chelsea, City dan MU Jauhi Rivalnya

London - Chelsea, Manchester City, dan Manchester United membuat para rivalnya tidak dapat merayakan apapun pada Jumat, ketika mereka menjauhi kejaran para pesaing di Liga Utama Inggris dengan meraih kemenangan pada "Boxing Day" yang berlangsung pada Jumat (26/12/2014) WIB.
 
Pemimpin klasemen Chelsea bertahan di puncak klasemen setelah mengalahkan West Ham United 2-0. City menguntitnya dengan kemenangan 3-1 atas West Bromwich Albion dan Manchester United menjaga jarak dengan mengalahkan Newcastle United 3-1, dengan Wayne Rooney mencetak dua gol dan merancang satu gol lainnya.
 
Chelsea melanjutkan keunggulannya atas City pada klasemen dengan tiga angka, dengan United di posisi ketiga terpaut 10 angka, sementara kekalahan West Ham membuat Southampton, Tottenham Hotspur, Swansea City, dan Liverpool mendapat ruang dalam perburuan ke posisi empat teratas.
 
Gol-gol pada setiap babak dari John Terry dan Diego Costa -- golnya yang ke-13 -- mengantar Chelsea yang ditangani Jose Mourinho meraih kemenangan atas West Ham, yang turun ke posisi lima.
 
West Ham sebelumnya diperkirakan akan memberikan ujian setelah laju lima pertandingan tanpa kalah, tapi tim Sam Allardyce itu menelan kekalahan dalam pertemuan ke-100 sesama tim London itu.
 
"Kami memainkan pertandingan yang sangat bagus melawan tim yang sangat sulit. Ketika kami mencetak gol, kami membuat pertandingan ini selalu berada di bawah kendali kami," kata Mourinho kepada Sky Sports.
 
"Saya benar-benar gembira. Kami melakukannya dengan sangat baik." City kembali tidak diperkuat penyerang Sergio Aguero dan Edin Dzeko tapi mereka tidak menemui kesulitan berarti untuk mengalahkan West Brom sekaligus membukukan kemenangan kesembilan secara beruntun.
 
Fernando memanfaatkan kesalahan kiper Ben Foster untuk membuat City unggul pada menit kedelapan, dengan penalti Yaya Toure dan gol David Silva memperbesar kemenangan tim tamu, sebelum Brown Ideye mencetak gol penghibur.
 
"Saya sangat senang dengan penampilan ini," kata pelatih City Manuel Pellegrini.
 
"Itu sangat sulit untuk dimainkan, khususnya pada babak kedua. Pada 45 menit pertama, kedua tim dapat bermain dan kami melakukannya dengan sangat baik dan mencetak tiga gol. Pada babak kedua, itu menjadi lebih sulit." Giroud diusir keluar lapangan Manchester United kembali ke jalur kemenangan menyusul hasil imbang pekan lalu 1-1 di Aston Villa, dengan mengalahkan Newcastle di Old Trafford.
 
Rooney memecahkan kebuntuan pada menit ke-23, dengan menyambar bola setelah Radamel Falcao menyodorkan bola operan Juan Mata, dan menambah dengan gol kedua 13 menit kemudian melalui penyelesaian akurat dari umpan Mata.
 
Kapten United yang kembali bermain di lapangan tengah, melepaskan umpan pada Robin van Persie yang kemudian menciptakan gol ketiga United saat babak kedua berjalan delapan menit, sebelum Papiss Cisse membalas dengan gol bagus dari titik penalti.
 
"Kami menciptakan kemajuan pada setiap pertandingan, namun kami juga melakukan hal-hal buruk pada setiap pertandingan, dan kami mampu memperbaikinya," kata pelatih United Louis van Gaal kepada BT Sport.
 
"Namun saya puas karena kami mendominasi pada banyak pertandingan. Kami tidak selalu menang, namun hal itu akan datang." Southampton naik ke posisi empat teratas dalam klasemen, tiga angka di bawah United, dengan kemenangan 3-1 atas Crystal Palace, yang turun ke zona degradasi.
 
Sadio Mane mengecoh Allan McGregor untuk membuat tim tamu unggul pada menit ke-17, dan kemudian gol dari Ryan Bertrand dan Toby Alderweireld mengamankan kemenangan, sebelum Scott Dann membalas satu gol.
 
Arsenal juga mengeksploitasi kekalahan West Ham dengan menaklukkan Queens Park Rangers 2-1, meski mereka kehilangan Olivier Giroud yang mendapat kartu merah pada babak kedua.
 
Eksekusi penalti Alexis Sanchez dapat digagalkan oleh Rob Green, namun ia mampu menanduk umpan silang Kieran Gibbs untuk menjadi gol pembuka pada menit ke-37.
 
Giroud diusir keluar lapangan karena mengarahkan kepalanya ke wajah Nedum Onuoha pada awal babak kedua, namun Sanchez memberi umpan untuk dituntaskan Tomas Rosicky untuk mengubah skor menjadi 2-0, sebelum Charlie Austin membalasnya dengan penalti pada menit ke-79.
 
Sterling membangkitkan Liverpool Tottenham tetap memiliki koleksi angka yang sama dengan Arsenal, yang tertinggal dua angka dari zona empat besar, setelah menang 2-1 di markas tim juru kunci Leicester City.
 
Tendangan bebas Christian Eriksen pada menit ke-71 mengamankan kemenangan timnya, setelah Leonardo Ulloa membatalkan gol pembuka Harry Kane di menit pertama untuk Spurs.
 
Swansea juga naik, untuk mendekat empat angka dengan zona Liga Champions, dengan mengalahkan Aston Villa 1-0 berkat gol tendangan bebas melengkung dari Gylfi Sigurdsson yang dibukukan pada menit ke-13.
 
Liverpool mengakhiri laju tiga pertandingan tanpa kemenangan dengan mengalahkan Burnley 1-0 berkat gol liga perdana Raheem Sterling sejak September.
 
Liverpool kehilangan kiper Brad Jones karena cedera, yang membuat kiper Simon Mignolet harus kembali dimainkan meski ia diposisikan sebagai pemain cadangan, dan rival Merseysidenya Everton juga kehilangan kiper mereka saat kalah 0-1 dari tamunya Stoke City.
 
Tim Howard terpaksa meninggalkan lapangan pada babak kedua di Goodison Park, setelah Bojan Krkic mencetak gol semata wayang pada pertandingan itu melalui titik penalti pada menit ke-38.
 
Pada pertandingan lain, Gaston Ramirez mencetak satu gol dan merancang gol lainnya saat Hull City keluar dari tiga tim terbawah dengan bangkit dari ketinggalan lebih dulu untuk meraih kemenangan 3-1 di Sunderland.
 
Adam Johnson membawa Sunderland memimpin pada menit pertama, namun Ramirez menyamakan kedudukan melalui tembakan spekulasi dan kemudian memberi umpan kepada James Chester sebelum Nikica Jelavic mencetak gol ketiga menjelang pertandingan usai. (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,