Akibat Pembangunan KBU Mata Air Banyak Hilang

Akibat Pembangunan KBU Mata Air Banyak Hilang

Ibu-ibu yang tergabung di Komunitas Jaga Sege Bandung.(Foto : Ade)

Bandung – Akibat pembangunan KBU (Kawasan Bandung Utara) yang tidak terkontrol, ratusan mata air yang berada di sana teracam punah dan hilang. Data Komunitas Jaga Seke, dari 110 mata air di Kota Bandung yang tersebar di 20 Kecamatan, mata air di KBU yang mempunyai sumber air cukup banyak. Namun seiring pesatnya pembangunan KBU, mata air pun ikut rusak bahkan musnah.

 

Menurut Ketua Jaga Seke Kota Bandung, Anda Ahmad, jika kawasan KBU dijaga kelestariannya, di sana mempunyai cukup banyak sumber mata air  dan berkisar hingga 800 titik.

 

“Namun saat ini mata air yang berfungsi hanya 70 mata air, sisanya telah hilang dan rusak akibat pembangunan KBU yang semakin ganas,” terang Anda Ahmad di  Kota Bandung, Sabtu (27/12/2014).

 

Masih kata Ahmad, mata air itu perlu terus di jaga keberadaannya karena akan berguna untuk jangka panjang dan waktu lama.

 

“Jika mata air pada rusak dan hancur, anak cucu di generasi ke depan akan mengalami kelangkaan air. Perusakan mata air terutama di KBU harus di tindak tegas tanpa pandang bulu,” kata Ahmad.

 

Adanya komunitas Jaga Seke yang dicanangkan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil. sangat dibutuhkan saat ini mengingat keberadaan air bersih terutama air murni dari mata air sudah sulit didapatkan di Kota Bandung. Pembangunan selain harus melihat faktor tata ruang lingkungan dan RTH juga harus dilengkapi amdal.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,