150 Petugas Disiagakan di Longsor Papuma

150 Petugas Disiagakan di Longsor Papuma

ilustrasi

Jember - Sebanyak 150 petugas gabungan dari muspika dan karyawan disiagakan di jalur longsor objek wisata Pasir Putih Malikan (Papuma) di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Ada beberapa titik rawan longsor di wisata Papuma, namun kami memprioritaskan dua titik rawan longsor yang sering dilalui pengunjung," kata pengelola objek wisata Papuma, Darwi di Jember, Sabtu (27/12/2014).

Menurut dia, kedua titik rawan longsor yang menjadi perhatian petugas di antaranya berada di jalan masuk sebelum pos pembelian tiket wisata Papuma.

"Petugas akan menjaga secara intensif di sepanjang jalan menuju pintu masuk objek wisata Papuma, karena selama liburan jumlah pengunjung diprediksi meningkat tajam," tuturnya.

Sepanjang jalan tersebut, kata dia, terdapat lokasi yang berdekatan dengan tebing dan rawan longsor, sehingga perlu pemantauan secara ketat terhadap para pengunjung yang melintas kawasan itu.

"Kami juga sudah memasang peringatan dan imbauan kepada pengunjung untuk ekstra hati-hati di lokasi jalan tanjakan karena di kawasan itu rawan longsor dan pohon tumbang," ucapnya, menambahkan.

Darwi mengatakan jumlah pengunjung selama libur Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 diprediksi meningkat, sehingga pihaknya akan memberikan kenyamanan dan rasa keamanan kepada wisatawan yang memadati objek wisata Papuma.

Sementara salah seorang pengunjung Rohmawati mengaku agak khawatir saat melintas di tebing yang rawan longsor menuju pintu masuk objek wisata yang dikelola Perhutani itu.

"Kalau hujan cukup deras memang khawatir terjadi longsor di sepanjang jalur pintu masuk Papuma, namun dengan penjagaan petugas akan memberikan rasa aman bagi para wisatawan," kata pengunjung dari Surabaya itu. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,