PKK-Hizbullah Bentrok, 2 Tewas

PKK-Hizbullah Bentrok, 2 Tewas

Ilustrasi.(Foto:Net)

Ankara - Dua orang tewas dan tiga orang lagi cedera pada Sabtu (27/12/2014), saat anggota kelompok terlarang Partai Pekerja Kurdi (PKK) dan Hizbullah Turki bentrok di jalan di Turki Tenggara, kata Kantor Gubernur Sirnak.
 
Anggota Partai Gerakan Bebas (Huda Par), yang berafiliasi pada Hizbullah, bentrok dengan YDG-H, cabang pemuda PKK, Sabtu pagi di Kota Kecil Cizre di Provinsi Sirnak, kata Kantor Berita Swasta Dogan. Ditambahkannya, bentrokan itu berubah menjadi baku-tembak di beberapa permukiman.
 
Pihak berwenang mengirim panzer polisi ke daerah tersebut tapi mereka mengalami kesulitan untuk sampai ke jalan tempat bentrokan terjadi karena parit yang digali oleh anggota YDG-H, kata laporan itu.
 
Bentrokan antara anggota PKK dan pendukung Huda Par telah menimbulkan kekhawatiran mengenai konflik lebih lanjut, demikian laporan Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Ahad pagi (28/12/2014). Sementara itu kenangan pahit membayang mengenai peristiwa awal 1990-an, ketika konflik antara anggota PKK dan Hizbullah merenggut ratusan nyawa.
 
Pertempuran di jalan telah terjadi antara anggota Huda Par dan orang Kurdi pro-PKK di beberapa provinsi Turki Tenggara pada awal Oktober, sebagai bagian dari protes mengenai pertahanan Kota Suriah yang dihuni warga Kurdi, Ayn Al-Arab --yang juga dikenal dengan nama Kobane-- sehingga menewaskan 42 orang. (AY)
.

Categories:Internasional,
Tags:nasional,