Cegah Banjir, Warga Banjarbaru Bersihkan Sungai

Cegah Banjir, Warga Banjarbaru Bersihkan Sungai

Anggota masyarakat dan kelompok pekerja sosial membersihkan sungai untuk mencegah banjir.(Foto:Net)

Banjarbaru - Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Banjarbaru, Kalimantan Selatan, memberdayakan anggota masyarakat dan kelompok pekerja sosial membersihkan sungai untuk mencegah banjir.
 
"Kami mengajak masyarakat dan kelompok pekerja sosial membersihkan Sungai Kemuning untuk mencegah banjir," ujar Kepala Dinsosnaker Kota Banjarbaru, M Hilman, Minggu (28/12/2014).
 
Ia mengatakan bersih-bersih sungai yang diikuti ratusan anggota masyarakat dan kelompok pekerja sosial dilaksanakan Sabtu (27/12) di sepanjang alur Sungai Kemuning.
 
Kelompok pekerja sosial yang terlibat adalah taruna siaga bencana (tagana), karang taruna dan pekerja sosial masyarakat kecamatan dibawah koordinasi Dinsosnaker.
 
"Kami sengaja memberdayakan anggota masyarakat dan kelompok pekerja sosial karena kegiatan yang dilaksanakan sebagai bagian dari bakti sosial kemasyarakatan," ungkapnya.
 
Dijelaskannya, tujuan pembersihan sepanjang alur Sungai Kemuning yang membelah Kota Banjarbaru adalah mencegah banjir akibat tingginya curah hujan yang melanda kota itu.
 
"Setiap tahun Sungai Kemuning meluap dan menyebabkan banjir akibat tingginya curah hujan sehingga kami berupaya mencegahnya melalui bakti sosial bersih sungai," ujarnya.
 
Dikatakan, kegiatan bersih-bersih sungai diharapkan membangkitkan kesadaran masyarakat menjaga alur sungai dari sampah dan benda lain yang mengganggu aliran sungai.
 
"Harapan kami, masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai tidak lagi membuang sampah sembarangan agar aliran air sungai mengalir tanpa hambatan," kata dia.
 
Sementara itu, puluhan anggota masyarakat dan pekerja sosial yang terlihat aksi bersih-bersih sungai mengambil dan mengumpulkan setiap sampah yang ada di badan sungai.
 
Sampah plastik dan benda-benda tidak terurai lainnya dikumpulkan lalu dibuang menggunakan truk yang mengangkut ke tempat pembuangan sampah akhir. (AY)
.

Categories:Nasional,