Old & New Bike Tampilkan Sepeda Penny

Old & New Bike Tampilkan Sepeda Penny

Sepeda Penny yang menarik perhatian di acara Old & New Bike in Bandung. (Foto : ADE)

Bandung – Adanya sepeda yang unik di acara Old & New Bike in Bandung, membuat perhatian masyarakat yang hadir terpaku kepada sepeda tinggi berjenis Penny Farthing. Sekilas sepeda ini bisa kita temui di acara sirkus saat seorang badut sedang berakrobat, dengan sepeda yang ban depannya sangat besar dan ban belakangnya sangat kecil.

 

Menurut  salah seorang pecinta Sepeda Penny Farthing di Kota Bandung, Dadan sepeda jenis ini terbilang salah satu sepeda yang sangat tua umurnya. Sepeda ini sudah di buat di negara Inggris sejak tahun 1870, dan mulai di produksi massal pada tahun 1878.

 

“Di dunia sepeda jeni ini sangat langka, kebanyakan yang ada cuma replica atau tiruannya saja. Di Indonesia sepeda Penny ini yang asli buatan Inggris atau negara Eropa lainnya paling cuma ada 4 unit. Kebanyakan mereka bikin tiruan yang mirip sepeda Penny, di Tegal Jawa Tengah ada perajin yang pembuat sepeda Penny mirip banget aslinya,” aku Dadan di acara Old & New Bike in Bandung, Jl. Jawa, Kota Bandung, Minggu (28/12/2014).

 

Masih kata Dadan, bagi orang biasa yang belum pernah mencoba menggunakan sepeda Penny Farthing, sebaiknya melakukan latihan terlebih dahulu. Soalnya sepeda ini jauh berbeda dengan sepeda biasa yang banya beredar.

 

“Diameter roda depan yang mencapai 1,5 meter ini sangat sulit digunakan bagi orang biasa dengan perawakan kecil. Apalagi wanita, karena jarak posisi pedal pegayuh dengan jok cukup tinggi atau jauh,” katanya.

 

Kelebihan sepeda Penny Farthing dibanding sepeda jenis lainya, yaitu saat penggunanya melakukan kayuhan. Sepeda ini jauh lebih ringan kayuhannya karena rotasinya lebih panjang dibanding sepeda biasa yang ber ban kecil. Sepeda ini kurang cocok digunakan untuk aktifitas sehari-hari, karena sepeda ini tidak mudah untuk melakukan pengereman mendadak atau meluncur di jalan yang landai.

 

Sepeda jenis Penny ini tergolong sepeda pertama yang digunakan untuk berolahraga ,setelah di populerkan oleh Albert Pope di Boston, Amerika Serikat. Sedangkan orang yang pertama kali membuat sepeda jenis ini adalah James Starley, warga negara Perancis di London Inggris pada tahun 1870.(Jr.)**

.

Categories:Bandung,