Pelatihan Menwa Mahawarman Tegakkan Kepribadian

Pelatihan Menwa Mahawarman Tegakkan Kepribadian

Aher saat melakukan penyematan kepada para Menwa Mahawarman tanda penutupan pendidikan dan latihan. (Foto : ADE)

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menutup acara Pendidikan dan Latihan Menwa (Resimen Mahasiswa) Mahawarman Gelombang I/Tahun Angkatan 2014-2015 dengan upacara di halaman Gedung Sate, Kota Bandung. Upacara penutupan itu dihadiri ratusan peserta pendidikan dan latihan Menwa Mahawarman, para orang tua, dan tamu undangan.

 

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, pendidikan dan pelatihan Menwa Mahawarman sangat diperlukan para mahasiswa untuk menentukan kepribadian dan karakter.

 

“Kegiatan yang biasa dilakukan Menwa Mahawarman adalah salah salah kegiatan yang sudah diperintahkan dalam UUD 1945. Di sana dijelaskan bahwa setiap warga negara berkewajiban mengikuti kegiatan bela negara. Kewajiban membela negara adalah kewajiban semua masyarakat termasuk para mahasiswa, bela negara itu bukan tugas TNI/Polri saja, tetap kita semua,” kata Heryawan, Minggu (28/12/2014).

 

Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan melanjutkan, Menwa Mahawarman diwajibkan untuk siap mempertahankan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) baik dalam pertempuran bersenjata.

 

“Menwa Mahawarman itu harus mendapat pelatihan dan pendidikan dari Kodam III Siliwangi, nantinya ribuan Menwa ini akan menjadi perwira cadangan sebagai pendukung TNI jika NKRI kita genting,” lanjutnya.

 

Aher berharap Menwa Mahawarman Jawa Barat di masa mendatang bisa lebih kreatif, inovatif dalam membentuk karakter insan kampus yang disiplin, kuat, dan berjiwa patriot.

 

“Melalui pendidikan dan pelatihan ini diharapkan semua mahasiswa yang ada di Menwa Mahawarman bisa kuat, berkarakter, dan berjiwa patriot,” harapnya.

 

Pendidikan dan Latihan Menwa Mahawarman Gelombang I/Tahun Angkatan 2014-2015 diikuti oleh 242 peserta, tersebar dari mahasiswa kampus se Jawa Barat. Di antaranya Universitas Islam Bandung, Bandung, Universitas Islam Nusantara, Bandung, Universitas Pasundan Bandung, STHB, Bandung, STKIP Siliwangi, Tasikmalaya, IPB, Bogor, Universitas Sunan Gunung Djati, Cirebon, Universita Siliwangi, Garut, dan beberapa kampus lainnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,