Verifikasi Klub Tuntas Pertengahan Januari 2015

Verifikasi Klub Tuntas Pertengahan Januari 2015

Ilustrasi Foto(Net)

Jakarta - PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi Indonesia Super League (ISL) menargetkan proses verifikasi klub peserta kompetisi tertinggi di Tanah Air itu tuntas pada pertengahan Januari 2015 meski beberapa klub mengajukan penjadwalan ulang.
 
"Pertengahan Januari proses verifikasi harus selesai atau sebelum launching dan RUPS," kata CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono di sela-sela lokakarya "Penguatan Peran Media Terhadap Kemajuan Sepak Bola Indonesia" di Senayan, Jakarta, Minggu (28/12/2014).
 
Verikasi yang dilakukan oleh PT Liga Indonesia ini fokus pada dua aspek yaitu finansial dan infrastruktur. Proses verifikasi sendiri dilakukan secara bertahap sejak 23-27 Desember. Hanya saja belum semua klub bisa hadir dalam proses verifikasi.
 
Hingga saat ini ada lima dari 20 klub yang belum menjalani verifikasi yaitu Persipura Jayapura, Persiwa Wamena, Persiram Raja Ampat, Perseru Serui dan Persik Kediri. Khusus untuk klub asal Papua selain masih melengkapi berkas juga terkendala masalah penerbangan.
 
"Mereka meminta penjadwalan ulang di awal Januari nanti," kata Sekretaris PT Liga Indonesia Tigor Shalomboboy secara terpisah.
 
Selain kelima klub tersebut, ada beberapa klub yang belum melengkapi data-data verifikasi terutama infrastruktur dalam hal ini stadion yang akan dijadikan kandang atau "home base" selama kompetisi ISL 2014/2015 di antaranya PSM dan Bali United Pusam.
 
PSM Makassar pada musim lalu menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya berencana kembali ke Makassar. Hanya saja, klub yang berjuluk Juju Eja itu belum mendapatkan kejelasan. Bahkan, klub itu mengajukan stadion di Banyuwangi Jawa Timur sebagai kandangnya.
 
Begitu juga dengan Bali United Pusam. Klub yang sebelumnya bernama Putra Samarinda itu berencana menggunakan Stadion Dipta Gianyar, Bali. Hanya saja, PT Liga Indonesia meminta kedua klub tersebut mengajukan stadion alternatif.
 
Joko Driyono menjelaskan khusus untuk masalah finansial menjadi pantauan tersendiri. Apalagi beberapa klub mempunyai masalah keuangan pada musim sebelumnya. Untuk itu, masalah tersebut harus segera dituntaskan. Jika tidak terselesaikan, klub berpeluang tidak bisa turun di ISL 2014/2015. (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,