Antrean Panjang Kendaraan Mengular dari Puncak ke Jakarta

Antrean Panjang Kendaraan Mengular dari Puncak ke Jakarta

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cianjur - Antrean panjang kendaraan menuju arah Jakarta dari arah Cipanas-Puncak, Jabar, Minggu sore (28/12/2014), mulai terlihat padat, dan bahkan laju kendaraan tersendat di sejumlah titik rawan kemacetan.
 
Polres Cianjur berkordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan sistim satu arah menuju Jakarta guna menghindari macet total, akibat peningkatan volume kendaraan yang hendak keluar dari wilayah tersebut.
 
Antrian panjang kendaraan yang menuju arah Jakarta, terus bertambah dengan ekor antrean mencapai 8 kilometer di depan Pasar Cipanas Indah.
 
Laju kendaraan tersendat bahkan terhenti selama beberapa menit di sejumlah titik rawan kemacetan di sepanjang Jalur Cipanas-Puncak.
 
Puluhan petugas Satlantas Polres Cianjur, yang bersiaga di sejumlah pos pam, turun ke jalan guna memutus rantai antrian yang terus memanjang. Bahkan petugas mengarahkan pengguna jalan untuk mengambil jalur alternatif Hajawar-Pacet.
 
"Antrian panjang kendaraan terlihat di sejumlah titik rawan macet seperti Pasar Cipanas, Pertigaan Kebun Raya Cibodas dan Hanjawar, menuju arah Jakarta. Saat ini untuk memutus rantai antrian kami mengarahkan kendaraan ke jalur alternatif Hancet," kata Irwan salah seorang anggota Lantas Polres Cianjur.
 
Bahkan ungkap dia, untuk menghindari macet total di sepanjang jalur tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan sistim buka tutup satu arah menuju Jakarta.
 
Meningkatnya volume kendaraan pendatang yang keluar dari kawasan tersebut, ungkap dia, untuk kembali ke kota asalnya masing-masing akan terus terjadi hingga malam menjelang dan kebalikannya volume kendaraan akan kembali meningkat dua hari menjelang pergantian tahun.
 
"Saat ini, mungkin pendatang hendak kembali ke rutinitas mereka di kota asalnya masing-masing setelah menikmati libur natal di kawasan Puncak-Cipanas. Namun volume kendaraan diperkirakan akan kembali meningkat menuju wilayah Puncak-Cipanas, dua hari menjelang pergantian tahun," katanya.
 
Guna menghindari terjebak macet di sepanjang jalur Bogor hingga Cipanas, pihaknya mengimbau pendatang yang hendak menghabiskan malam akhir tahun di kawasan tersebut, agar berangkat lebih awal.
 
"Selain itu, baik Polres Cianjur maupun Bogor, akan menutup jalur menuju Puncak pada tanggal 31 Desember, mulai dari pukul 18.00 WIB, dan jalur dari arah Cianjur, jalan akan ditutup mulai dari Pertigaan Dr Muwardi-By Pass Cianjur," katanya. (AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,