Medan Peringkat Lima Besar Penghasil Beras

Medan Peringkat Lima Besar Penghasil Beras

Ilustrasi.(Foto:Net)

Medan  - Provinsi Sumatera Utara tahun ini dipastikan tetap swasembada beras dan masuk pada daerah ke lima terbesar penghasil beras di Indonesia.

"Masih swasembada berasnya hingga tahun ini tentunya menjadi prestasi bagi Pemprov Sumut di tengah program Presiden Joko Widodo yang menjadikan Indonesia swasembada pangan tiga tahun ke depan," kata Kepala Dinas Pertanian Sumut, M Roem S di Medan, Minggu (28/12/2014).

Berdasarkan Angka Ramalan (ARAM) II Tahun 2014, produksi padi Sumut diperkirakan sebesar 3.604.602 ton dengan swasembada beras sebesar 463.432 ton,

Dengan produksi sebesar itu membuat Sumut tetap sebagai provinsi ke-lima terbesar penghasil beras di Indonesia. 

"Ke depannya produksi padi atau beras Sumut ditargetkan terus naik karena selain meningkatkan luas tanam juga ada peningkatan produktivitas," katanya.

Keyakinan penambahan produksi itu semakin besar karena Pemerintah juga sudah menetapkan Sumut sebagai salah satu provinsi yang menjadi pendukung tercapainya swasembada pangan nasional hingga tiga tahun ke depan.

Untuk kepentingan itu, tahun ini petani Sumut sudah mendapat bantuan benih dan alat pertanian dari Pemerintah Pusat.

Pemerintah Pusat juga sudah membantu perbaikan irigasi.

Tahun ini Sumut diperkirakan bisa memproduksi padi sebanyak 3,9 juta hingga 4 jutaan ton atau naik dari tahun lalu yang ATAP (angka tetap) masih sebesar 3.727.250 ton.(Ode)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,