Kobutri Gandeng Perbankan untuk Program BBG

Kobutri Gandeng Perbankan untuk Program BBG

Ilustrasi Foto.(Net)

 
Bandung - Koperasi Bina Usaha Transportasi Republik Indonesia (Kobutri) menggandeng perbankan untuk program angsuran konverter bahan bakar gas (BBG) pada angkutan umum di Kota Bandung.
 
"Kami siap melakukan konversi dari BBM bersubsidi ke bahan bakar gas (BBG) jenis Vi-Gas, kendalanya dalam pembiayaan untuk pembelian konverter, untuk itu kami menggandeng perbankan untuk fasilitasi kredit konverter," kata Ketua Kobutri Jabar Udin Hidayat di Bandung, Senin (29/12/2014).
 
Menurut Udin, ada sekitar 5521 anggota Kobutri di wilayah Bandung dan ia menargetkan pada 2015 program konversi menggunakan Vi-Gas bisa direalisasikan dalam rangka menghemat penghematan BBM.
 
"Sekarangpun kami siap untuk memasang itu dengan fasilitas pembiayaan dari perbankan, namun konverternya belum tiba masih di Pelabuhan Tanjung Priok," kata Udin.
 
Menurut dia, para awak angkutan kota cukup tertarik dengan konversi dari BBM ke BBG karena bisa menghemat bahan bahar serta menekan biaya untuk pembelian bahan bakar itu.
 
Hanya saja, menurut dia pembelian alat konverter yang harganya mencapai Rp15 juta cukup memberatkan, sehingga harus ada fasilitas kredit untuk pembelian perangkat itu.
 
"Upaya yang kami lakukan saat ini masih mandiri, namun diharapkan ke depan pemerintah daerah bisa memfasilitasi sehingga program konversi ke BBG jeni Vi-Gas bisa bergulir," kata Udin.
 
Lebih lanjut Udin menyebutkan, angkutan kota yang akan menggunakan bagan bakar gas itu diharapkan bisa memberikan peningkatan nilai tambah karena bisa menekan biaya bahan bakar yang harganya Rp5.100 per liter itu.
 
Sementara itu Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang menyebutkan, penggunakan Vi-Gas tidak ribet dan kendaraan itu bisa memback up bahan bakar gasnya dengan menggunakan premium.
 
"Jadi ada dual bahan bakar, selain Vi-Gas juga bisa menggunakan premium untuk menuju stasiun pengisian pada saat BBG sudah habis. Jadi jangan khawatir mogok kehabisan BBG karena premium di tanki bisa berfungsi," kata Ahmad Bambang.
 
Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kota Bandung Erik MA menyambut rencana uji konversi angkutan kota di Kota Bandung dari premium bersubidi ke BBG Vi-Gas yang difasilitasi oleh Pertamina.
 
"Kami mendukung program konversi ini, diharapkan memberikan nilai tambah bagi angkutan kota di Kota Bandung," kata Erik MA menambahkan. (AY)
.

Categories:Bandung,