Menpora Selesaikan SK Tim Sembilan

Menpora Selesaikan SK Tim Sembilan

Menpora Imam Nahrawi,

Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga akan segera menyelesaikan surat keputusan tentang pembentukan Tim Sembilan, dan akan mengumumkan lebih lanjut terkait hal itu pada Jumat (2/1/2015).
 
"Nama-nama siapa saja yang duduk dalam Tim Sembilan sudah masuk, tapi masih dalam tahap klarifikasi, karena ada satu-dua nama yang harus diberikan surat dari Menpora," kata Deputi Bidang V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto di Jakarta, Senin (29/12/2014).
 
Menpora Imam Nahrawi, kata Gatot akan mengumumkan siapa-siapa yang akan masuk dalam Tim Sembilan setelah klarifikasi selesai, dan tim itu akan bekerja sejak surat keputusan ditandatangani Menpora.
 
Gatot mengatakan Menpora masih menyelesaikan proses klarifikasi nama-nama anggota Tim Sembilan dalam pekan terakhir 2014, sehingga nama-nama itu dimungkinkan muncul saat jumpa pers pada Jumat (2/1/2015).
 
"Ada nama dari komunitas yang mengerti tentang sepak bola, ada dari institusi penegak hukum, dan ada dari perguruan tinggi," kata Juru Bicara Kemenpora itu.
 
Gatot mengatakan Menpora akan mengundang Komisi Informasi Pusat pada Selasa (30/12) terkait keterbukaan informasi dalam tubuh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) serta Ombudsman terkait layanan publik di PSSI.
 
"Lingkup kerja Tim Sembilan antara lain mengevaluasi persepakbolaan di Indonesia, membuat standardisasi penanganan persepakbolaan Indonesia, dan evaluasi transparansi keuangan PSSI," katanya.
 
Gatot menegaskan Kemenpora berhak melakukan pengawasan terhadap sepak bola di Indonesia, karena pemimpin sektor keolahragaan nasional sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang.
 
"Kami sudah memperhitungkan rekam jejak siapa-siapa yang akan duduk dalam Tim Sembilan. Kemenpora juga berusaha memperkecil kesan negatif dari anggota," katanya.
 
Tim Sembilan, menurut Gatot, akan bekerja selama tiga bulan dan wajib melaporkan kinerja mereka kepada Menpora. Tapi, Menpora tidak menetapkan target per bulan kepada Tim Sembilan.
 
"Tidak ada PSSI tandingan," kata Gatot tentang penegasan sikap Kemenpora terhadap PSSI. (AY)
.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,