Mahasiswa di Jabar Diharapkan Ikuti Upacara Bendera

Mahasiswa di Jabar Diharapkan Ikuti Upacara Bendera

Upacara bendera bisa tingkatkan rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme. (Foto : Foto: ADE)

Bandung – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menginginkan agar mahasiswa di seluruh kampus di Jawa Barat, mengikuti acara upacara bendera yang digelar setiap hari Senin. Dengan rutin menggelar upacara bendera setiap minggunya, Ahmad Heryawan berharap, para mahasiswa bisa meningkatkan kecintaannya terhadap NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Upacara juga bisa dijadikan ajang untuk mensukseskan program bela negara.
 
Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, semangat cinta negara dan bela negara  bisa diwujudkan dengan mengikuti acara upacara bendera. Upacara bendera penting bagi para mahasiswa karena akan mengajarkan pemahaman tentang UUD 1945 dan Pancasila. "Selama ini di kampus tidak ada upacara bendera, jadi perlu digelar untuk meningkatkan nasionalisme,” jelas Aher usai melantik pendidikan Menwa Mahawarman di halaman Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Senin (29/12/2014).
 
Aher menambahkan, saat ini banyak generasi muda kurang memahami makna dan nilai-nilai dari adanya Pancasila dan UUD 1945. "Ini perlu kita giatkan lagi dengan cara menggelar upacara bendera setiap hari Senin," tegasnya.
 
“Saya sudah menulis surat dan mengajukannya ke Kementerian Dalam Negeri, kita meminta bahwa acara upacara bendera ini perlu juga digelar di kampus,” tambahnya. 
 
Upacara bendera selama ini hanya dilakukan di sekolah setingkat SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMA (Sekolah Menengah Atas). Sedangkan di kampus atau universitas para mahasiswa tidak melakukannya. Mungkin dari jutaan mahasiswa yang ada di Jawa Barat, ada yang tak hafal isi Pancasila, dan lagu Indonesia Raya. "Itu mungkin karena mereka sudah lama banget tidak hadir dalam upacara," ungkap Gubernur.  (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,