Nilai UN Tak Lagi Jadi Syarat Kelulusan Siswa

Nilai UN Tak Lagi Jadi Syarat Kelulusan Siswa

Ilustrasi Foto(Net)

Jakarta – Tahun 2015, nilai ujian nasional (UN) tidak akan menjadi syarat kelulusan siswa. Penentu kelulusan adalah sekolah. Selama ini Indonesia seakan terjebak pada salah satu standar nasional pendidikan.
Demikian ditegaskan Mendikbud Anies Baswedan, seusai melakukan pertemuan dengan kepala dinas pendidikan se-Indonesia. "Dari delapan standar, hanya standar evaluasi yang dianggap sebagai indikator keberhasilan pendidikan," ujar Anies, di Jakarta, Senin (29/12).
 
Menurutnya, selain evaluasi peserta didik, masih ada tujuh standar pendidikan lain yang perlu diselesaikan. Meliputi kompetensi lulusan, standar isi, standar proses belajar, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pendidikan, standar pengelolaan, serta standar pembiayaan pendidikan.
"Selama ini hanya peserta didik yang diurusi, seakan permasalahan pendidikan Indonesia hanya seputar itu. Padahal, ada tujuh standar lain yang mesti dibenahi," tegasnya.
 
Anies menjelaskan, selain nilai UN, sebenarnya hasil pendidikan juga masih bisa dilihat dari aspek lain. Kini Kemendikbud sedang menggodok konsep UN agar dapat diluncurkan dalam keadaan matang dan tepat.
"Masyarakat diminta untuk bersabar dalam hal ini, sebab akan ada skema berbeda pada UN mendatang. Jangan ada kata terburu-buru sehingga menyulitkan banyak pihak, terutama peserta didik," tambah Anies.(Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,