Lallana Bawa Liverpool Ungguli Swansea

Lallana Bawa Liverpool Ungguli Swansea

Adam Lallana.(Foto:Net)

Liverpool - Adam Lallana membantu Liverpool mencatatkan kemenangan kandang terbesar musim ini ketika gelandang Inggris itu menyumbang dua gol yang menginspirasi timnya menang 4-1 atas Swansea pada Selasa (30/12/2014) WIB.
 
Pasukan Brendan Rodgers mencetak empat gol untuk pertama kalinya sejak Maret berkat dua gol Lallana di babak kedua, setelah Alberto Moreno membawa Si Merah unggul pada babak pertama di Anfield.
 
Gol bunuh diri Jonjo Shelvey melengkapi kehancuran Swansea, yang sempat memperlihatkan tanda-tanda kebangkitan ketika Gylfi Sigurddsson mencetak gol untuk mengurangi defisit menjadi 2-1.
 
Sebagai hasil dari koleksi gol mereka, tuan rumah naik melompati Swansea menuju peringkat kedelapan -- tertinggal lima angka dari tim peringkat keempat Southampton pada persaingan memperebutkan tiket Liga Champions.
 
Dengan satu kekalahan dari sepuluh pertandingan terakhirnya di semua kompetisi dan Lallana akhirnya memperlihatkan kualitas yang membuat Rodgers mengeluarkan dana 25 juta pound untuk mendatangkannya dari Southampton, Liverpool menuju Tahun Baru dengan keyakinan baru bahwa mereka masih mampu menyelamatkan kiprahnya di musim yang buruk ini.
 
Rodgers berjudi dengan tidak menurunkan kapten Steven Gerrard, Kolo Toure, dan Lazar Markovic serta memasukkan Moreno, Emre Can, dan Javier Manquillo ketika ia mengutak-atik tim yang meraih kemenangan tipis di markas Burnley pada "Boxing Day." Namun Liverpool memulai pertandingan dengan baik dan Martin Skrtel melompat tinggi melampaui para pengawalnya di tiang jauh, untuk menanduk bola yang mengarah lurus ke kiper Swansea Lukasz Fabianski.
 
Si Merah kembali mengancam ketika Raheem Sterling melepaskan sepakan voli dari umpan silang Moreno yang masih mampu ditahan Fabianski namun, ketika bola pantul jatuh pada Lallana, ia melepaskan tembakan yang melambung ke atas mistar gawang dari jarak dekat.
 
Ketika Liverpool menekan pertahanan Swansea, mereka masih mencari kualitas prima yang sulit ditampilkan pada sebagian besar jalannya musim ini dan Philippe Coutinho hanya dapat melakukan tembakan lemah dari tepi kotak penalti yang dengan mudah dapat dikuasi Fabianski.
 
Swansea menikmati penguasaan bola untuk kurun waktu singkat yang berakhir dengan umpan silang Wayne Routledge menuju Nathan Dyer, namun sundulan sang pemain sayap dengan mudah dapat dikuasai Simon Mignolet.
 
Pergerakan yang mengalir Pasukan Rodgers akhirnya mampu memecahkan kebuntuan pada menit ke-33 melalui pergerakan yang mengalir, yang diawali dan diakhiri oleh Moreno.
 
Bek kiri asal Spanyol itu bergerak maju untuk mengoperkan bola kepada Lallana, yang meneruskannya kepada Jordan Henderson yang berada di sisi kiri pertahanan Swansea.
 
Moreno yang berlari kemudian menyambar umpan silang mendatar Henderson yang tertuju pada kotak penalti dengan sepakan setengah voli, yang tidak mampu dihentikan Fabianski dan masuk gawang tim tamu.
 
Coutinho melepaskan tembakan menuju bagian samping gawang dari sudut sempit setelah berlari, saat Liverpool menekan untuk mendapatkan gol kedua.
 
Gelandang Swansea Shelvey beruntung lolos dari hukuman wasit Andre Marriner sebelum turun minum, ketika ia menyikut wajah Can.
 
Liverpool kerap kesulitan menuntaskan permainan lawan-lawannya pada musim ini, namun mereka mendapatkan gol kedua pada menit ke-51.
 
Fabianski menerima bola operan ke belakang dan sepakannya untuk berupaya membuang bola mengenai Lallana, dan memantul melewati kiper Swansea itu untuk masuk ke gawangnya.
 
Tim tamu mendapatkan satu gol semenit kemudian ketika Sigurdsson mengonversi dari jarak dekat setelah umpan silang Wayne Routledge jatuh ke penguasaan sang gelandang.
 
Tetapi beberapa saat kemudian Wilferied Bony gagal menaklukkan Mignolet, dan Liverpool mengambil keuntungan untuk mengakhiri perlawanan pasukan Garry Monk pada menit ke-61.
 
Coutinho melepaskan sepakan tumit kepada Lallana, dan ia bergerak memotong untuk melewati dua pemain bertahan sebelum melepaskan sepakan mendatar melewati penjagaan Fabianski.
 
Tujuh menit kemudian, sepakan Henderson diarahkan Shelvey ke gawangnya sendiri untuk mengunci kemenangan.
 
Masih ada waktu untuk sedikit kontroversi, ketika Sterling mengarahkan tangannya ke arah Federico Fernandez, namun ia terhindar dari hukuman dari Marriner. (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,