Hindari Kebakaran Lahan Dimusim Kemarau

Hindari Kebakaran Lahan Dimusim Kemarau

Hindari Kebakaran Lahan Dimusim Kemarau (Foto: Ade)

Bandung – Di musim kemarau ini bencana kebakaran kerap terjadi, faktor utamanya yaitu dari kelalaian orang itu sendiri, seperti perilaku membakar sampah di sekitar lahan kering kerap menjadi pemicu kebakaran sampah.
 
Menurut himbauan Kabid Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung, Yosef Heryansyah, sebaiknya warga tidak melakukan pembakaran sampah di area yang mudah terbakar.
 
“Pembakaran sampah di area lahan kering yang penuh rumput kering dan ilalang bisa memicu kebakaran lahan cukup besar. Di musim kemarau api yang membakar lahan bisa dengan cepat meluas karena angin cukup kencang,” himbau Yosef, Senin (22/09/2014).
 
Yosef menambahkan, masuk bulan September ini prediksi musim kemarau akan terus berlangsung, bahkan musim kemarau akan lebih panas pada saat akhir bulan September.
 
“Pada tanggal 30 September nanti suhu diprediksi akan lebih panas lagi, kondisi ini sangat mendukung untuk terjadinya bencana kebakaran. Musim kemarau memang rawan kebakaran,” tambahnya.
 
Selama 1 bulan saja, di bulan September 2014, kasus kebakaran yang terjadi di Kota Bandung melebihi 50 kasus, umumnya kebakaran melanda rumah penduduk, pabrik, dan lahan ilalang kosong. Penyebab kebakaran sejauh ini dari hubungan arus pendek listrik, pembakaran sampah sembarangan, dan buang puntung roko sembarangan.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,