Korut Ganti Pelatih Yun Jong Su

Korut Ganti Pelatih Yun Jong Su

Yun Jong Su.(Foto:Net)

Seoul - Korea Utara (Korut) mengganti pelatih kepala yang terkena skors Yun Jong Su dengan pendahulunya Jo Tong Sop bagi Piala Asia bulan depan di Australia.
 
Yun diskors selama 12 bulan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada awal bulan ini karena "tingkah laku yang bersifat menyerang" pada final Asian Games di Korea Selatan, ketika mereka kalah 0-1 dari tuan rumah.
 
Yun dan sejumlah orang lain di bangku pemain cadangan Korut memprotes para ofisial setelah pertandingan, dan menuduh para wasit memberi keuntungan kepada rival abadi mereka Korsel, yang secara teknis masih terlibat perang dengan mereka.
 
Skors yang didapat Yun membuat mantan pemain internasional itu tidak diizinkan memasuki ruang ganti atau area di sekitar lapangan permainan, namun masih dapat menghadiri sesi-sesi latihan dan menjalani aktifitas lain terkait sepak bola, kata AFC.
 
Korut, yang akan berpartisipasi pada Piala Asia keempatnya di Australia, tidak merespon permintaan dari Reuters untuk mengkonfirmasi pergantian tersebut namun AFC berkata Jo telah didaftarkan sebagai pelatih kepala bagi turnamen yang akan berlangsung mulai 9 sampai 31 Januari itu.
 
Jo memimpin Korut pada Piala Asia 2011 di Qatar, namun meninggalkan posisinya tidak lama setelah timnya tersingkir di fase grup.
 
Korut akan bertekad meraih hasil yang lebih baik di Australia, meski mereka berada di Grup B yang berat bersama Uzbekistan, Tiongkok, dan Arab Saudi.
 
Korut lolos ke putaran final yang diikuti 16 tim setelah memenangi Piala Challenge pada 2012, di bawah asuhan Yun.
 
Masih belum jelas apakah Yun, yang menjalani masa kerja keduanya, akan meneruskan perannya sebagai pelatih kepala Korut ketika skors AFC berakhir tahun depan. (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,