Diwacanakan Kemenag Tak Lagi Kelola Keuangan Haji

Diwacanakan Kemenag Tak Lagi Kelola Keuangan Haji

Paspor Haji (Foto: Net)

Jakarta – Kementerian agama (Kemenag) dipastikan tak akan mengelola keuangan haji lagi, bila Rancangan Undang Undang tentang Pengelolaan Keuangan Haji jadi disahkan menjadi undang-undang. UU itu membawa perubahan besar. Nantinya seluruh dana setoran jemaah haji bakal dikelola dengan lebih professional.

Saat ini, DPR bersama pemerintah sedang memfinalisasi RUU tersebut. Demikian diungkapkan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin sesaat setelah mengikuti rapat di DPR, Senin (22/9/2014) malam.

"Isi RUU tersebut cukup revolusioner. Seluruh dana setoran calon jemaah haji akan dikelola secara lebih transparan, akuntabel, dan profesional oleh badan hukum publik tersendiri di luar Kemenag," ungkap polisi asal PPP tersebut.

Menurut Lukman, dalam pelaksanaannya Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) itu diberi kewenangan untuk menginvestasikan besarnya dana yang terhimpun dari calon jemaah haji akibat lamanya masa tunggu mereka. Setiap calon jemaah haji akan memiliki rekeningnya sendiri. Kedepan, RUU tersebut memisahkan secara tegas urusan penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan Kemenag, dan urusan pengelolaan keuangan haji yamg dilakukan oleh BPKH. (AY)

.

Categories:Nasional,