Petral Tak Dibubarkan tapi Dilumpuhkan

Petral Tak Dibubarkan tapi Dilumpuhkan

Ilustrasi Foto(Net)

Jakarta - Keberadaan anak usaha PT Pertamina (Persero), Pertamina Energy Trading Ltd., (Petral) dipertahankan alias tak dibubarkan. Namun fungsi Petral `dilumpuhkan.
Anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Agung Wicaksono mengatakan, selama ini fungsi Petral sebagai agen pengadaan minyak mentah dan BBM untuk kebutuhan dalam negeri, padahal, fungsinya sebagai trading company. Fungsi pengadaan minyak mentah dan BBM untuk kebutuhan dalam negeri, akan diambil alih oleh Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina.
 
"Aktivitas pembelian itu kini dilakukan ISC. Kalau tak bisa melakukan apa pun, dengan kata lain, mereka dilumpuhkan atau dibubarkan sementara," kata Agung di Jakarta, Selasa (30/12).
Dengan begitu, harapan tim Petral lekas berbenah dan menyusun road map jangka panjang. Mereka ingin fungsi Petral kembali menjadi trading company di sektor perdagangan minyak. "Mereka harus mempunyai strategi ke depan menjadi perusahaan trading minyak yang mendunia," katanya.

Kendati begitu, tim tak punya kewenangan untuk memberikan jangka waktu Petral menyusun road map bisnisnya. Sebab, yang berwenang melakukannya adalah induk perusahaannya, Pertamina.

"Kami tidak sedetail itu. Kami melihat manajemen baru Petral seberapa mampu mereka melakukan tugas yang diberikan. Juga menarik dilihat bagaimana Pertamina menyiapkan anak usahanya," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:bbm,ekonomi,