Revitalisasi Bangunan Bung Karno Dimulai 2015

Revitalisasi Bangunan Bung Karno Dimulai 2015

Cagar Budaya Lapas Banceuy, Kota Bandung.(Foto:Net)

Bandung - Revitalisasi bangunan-bangunan bersejarah yang terkait jejak perjuangan Bung Karno di Bandung akan dimulai tahun 2015.
 
"Rencananya 2015 akan dimulai revitalisasi satu komplek sejarah ini, mulai dari Gedung Merdeka, Lapas Banceuy dan Gedung Indonesia menggugat," kata Kepala Balai Kepengelolaan Kepurbakalaan, Sejarah dan Nilai Tradisi, Agus E Hanafiah saat meninjau Cagar Budaya Lapas Banceuy, Kota Bandung, Selasa (30/12/2014).
 
Menurut Agus cagar budaya itu belum ditetapkan situs yang dikelola Kota Bandung tapi sudah termasuk kriteria situs nasional bahkan internasional.
 
"Sesuai UU Nomor11 tahun 2010, kita harus meningkatkan kondisi situs cagar dan budaya. Kita awali dari Bandung," katanya.
 
Ia menyebutkan Pemerintah Kota Bandung sedang mempersiapkan tim ahli untuk meneliti cagar budaya itu.
 
Cagar budaya itu memiliki kaitan sejarah tentang Soekarno yang menulis pleidoi "Indonesia Menggugat" yang tulisannya dijadikan sebuah pemikiran gerakan non blok.
 
Selain itu, menurut dia, Pemprov mempunyai kepentingan untuk revitalisasi bangunan sejarah. Antara lain untuk meningkatkan tentang kesadaran pemahaman sejarah yang kian menurun.
 
Lebih lanjut Agus Hanafiah menyebutkan cagar budaya itu akan dikembalikan ke kondisi awal gambaran Soekarno serta revitalisasi yang menyeluruh. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,