Ade Anas, Atlet Silat Disabilitas Berprestasi

Ade Anas, Atlet Silat Disabilitas Berprestasi

Ade Anas saat memperagakan jurus silatnya di sebuah acara di Bandung. (Foto : Ade)

Bandung – Meski mengalami keterbatasan fisik, atlet silat yang satu ini bisa tampil layaknya atlet silat normal tanpa kekurangan. Dialah Ade Anas, seorang pesilat dari Perguruan Silat Putera Gumelar di Cimareme, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Meski memiliki kekurangan, Ade Anas bertekad keras untuk mempelajari silat sejak tahun 1990.

 

Menurut Ade Anas, keterbatasan fisik bukan hambatan bila kita punya cita-cita dan keinganan. “Meski saya tidak mempunyai kaki, itu bukan halangan untuk berbuat baik dan menolong sesama. Di olahraga silat semua pelajaran itu didapat,” aku Ade Anas di salah satu acara di Kota Bandung belum lama ini.

 

Menurut Ade Anas, selama belajar silat, dirinya pernah menjelajah ke beberapa perguruan silat untuk menimba ilmu. Seusai dari Perguruan Silat Putera Gumelar di Cimareme, dia melanjutkan belajar silat di Perguruan Citra Domas.

 

“Di Citra Domas saya belajar berbagai jurus yang lebih sulit seperti senjata tajam, dan ilmu tenaga dalam. Di sana diajarkan materi bagaimana kita kuat dengan api, senjata tajam, dan berbagai atraksi kesenian debus,” ungkapnya.

 

Meski menyandang atlet disabilitas, prestasi silat Ade Anas terbilang melejit dan menasional. Tahun 2009, dia pernah meraih penghargaan di acara Jambore Pencak Silat Nasional yang digelar di Cikeas, Jawa Barat. Selain di ajang nasional, Ade juga sering mendapat penghargaan di tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kota. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,