Ditahan, Pengusir Pramugari Korean Airlines

Ditahan, Pengusir Pramugari Korean Airlines

Cho Hyun-ah

Seoul - Pengadilan Korea Selatan akhirnya menahan mantan wakil presiden eksekutif Korean Airlines Cho Hyun-ah, terkait insiden pengusiran pramugari.

"Tindakan penahanan itu karena kasus ini serius, dan sejak awal telah ada upaya untuk menyembunyikan dakwaan,” ujar Lee Kwang-woo selaku Hakim di Pengadilan Negeri Seoul Barat, dikutip Stuff, Kamis (1/1/2015).


Dalam perjalanan dari kantor kejaksaan Cho diapit petugas dan tidak menanggapi pertanyaan dari media. Cho hanya mengatakan “maaf” beberapa kali dengan mata tertutup dan kepala tertunduk.


Kasus itu bermula saat Cho Hyun-ah mengeluarkan pramugari dari pesawat, lantaran memberikan kacang macadamia dengan plastik, bukan dengan piring. Cho Hyun-ah bersikeras pramugari tersebut tidak menjaga keamanan penumpang.


Akibatnya, ia mengatakan kepada pilot untuk menunda penerbangan ke Seoul, sebelum meninggalkan New York hari Jumat waktu setempat. Pesawat tersebut sudah meluncur menuju landasan pacu, tetapi harus kembali ke terminal di Bandara JFK.


Akibat tindakannya, pesawat yang ditunggangi harus mengalami keterlambatan 11 menit di terminal kedatangan Bandara Incheon, Korea Selatan untuk 250 penumpang.


Setelah itu, penyelidikan yang dilakukan Departemen Transportasi Korea Selatan telah menyimpulkan Cho bersalah dalam insiden itu. Pihak maskapai penerbangan berusaha mencoba untuk menutupi kasus ini, sehingga penahanan terhadap Cho dilakukan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,