Waspadai, Gelombang di Babel Capai 4 Meter

Waspadai, Gelombang di Babel Capai 4 Meter

ilustrasi

Pangkalpinang  - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini, mengenai potensi angin kencang dan  gelombang setinggi empat meter terjadi di perairan Bangka Belitung hari ini.

"Ketinggian gelombang ini diperkirakan akan terjadi di perairan Utara Pulau Bangka dengan kecepatan angin mencapai 45 kilometer per jam," kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Akhmad Fadholi, di Pangkalpinang, Kamis (1/1/2015).

Ia mengatakan, BMKG telah mengimbau nakhoda kapal dan pengguna jasa transportasi laut meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi aktivitas di perairan.

"Kita mengimbau pengguna jasa perhubungan laut terutama nelayan untuk mewaspadai kondisi cuaca buruk ini karena bisa mengakibatkan kecelakaan laut dan mengancam keselamatan jiwa," ujarnya.

Ketinggian gelombang di perairan Babel lainnya yakni Selat Gelasa dan Selat Karimata mencapai 3,5 meter. Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Selatan Bangka dengan ketinggian 2,5 meter, dan kecepatan angin 15-43 kilometer per jam.

Ia menambahkan, gelombang di selat Bangka berkisar antara satu hingga dua meter dengan kecepatan angin mencapai 35 kilometer per jam dari arah barat menuju utara. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,