PVMBG Siaga Bencana Antisipasi Tangkuban Parahu

PVMBG Siaga Bencana Antisipasi Tangkuban Parahu

Ilustrasi Foto.(Net)

Bandung -  Kepala Sub Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan, aktivitas Gunung Tangkuban Perahu memang saat ini  memberikan tanda-tanda perubahan, yang tergambar dalam grafik sejak satu bulan sebelum dinaikkan statusnya menjadi waspada.

"Memang aktivitas Gunung Tangkuban Perahu sudah mulai ada berbeda perubahan sejak tanggal 25 Desember, bahkan sebulan sebelumnya," ujarnya saat ditemui di Kantor PVMBG, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (2/1/2015).

Kondisi itu terus meningkat hingga pihak PVMBG menaikkan status. Alasannya Gunung Tangkuban Perahu ini bersifat freatik, tidak mudah ditebak. "Melihat sejarahnya seperti ini dari tahun ke tahun sifatnya freatik, erupsi freatik letusan yang disebabkan bukan oleh magma, tetapi oleh uap air yang dipanaskan oleh magma. Magmanya masih di bawah dan itu menekan letusannya berupa abu, lumpur dan gas," bebernya.

Herman menegaskan, semua masih terus dikonfirmasi, tetapi tingkat kewaspadaan harus ditingkatkan. Pihaknya terus bersiaga, peralatan juga ditambahkan.

Oleh sebab itu, Herman mengimbau kepada warga setempat tetap berada dalam jarak aman, yaktu 1,5 kilometer dari tempat kejadian. "Yang penting ini warning. Menaikkan status itu warning bahwa ada sesuatu yang di luar normal," paparnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bencana,