Kabupaten Bandung Gelar Pembuatan Akte Kelahiran Gratis

Kabupaten Bandung Gelar Pembuatan Akte Kelahiran Gratis

Warga Antri Bikin Akte Kelahiran. (Foto: Ade)

Kabupaten Bandung – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung menggelar pembuatan akte kelahiran gratis yang dilakukan di Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Pembuatan akte kelahiran gratis ini otomatis mendapat respon yang cukup baik dari ratusan masyarakat di sana.
 
Masyarakat di wajibkan membawa beberapa persyaratan seperti,  foto copy rangkap dua buku nikah, kartu keluarga, KTP suami & istri, surat keterangan lahir dari bidan, dan NIK bayi dari Kecamatan.
 
Menurut Keterangan Kepala Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Somantri, untuk menghindari membludaknya warga yang antusias dengan pembuatan akte kelahiran gratis, Desa Sukarame memang sengaja menggelar acara tersebut di GOR Bulutangkis Balai Desa.
 
“Acara sengaja digelar di GOR Bulutangkis Desa, Jl. Cijagong No. 190, Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung agar bisa menampung banyak orang, kapasitas GOR bisa lebih dari 800 orang,” terang Somantri, Selasa (23/09/2014).
 
Somantri menambahkan, akibat banyaknya warga yang belum memiliki akte kelahiran, acara pembuatan akte kelahiran gratis ini cukup membludak hingga mencapai 700 orang pendaftar.
 
“Sejak dimulai dari pukul 09.00 hingga 15.000 WIB, sudah ada 700 orang yang memasukan syarat pembuatan akte kelahiran, itupun banyak warga yang ditolak karena formulir pendaftaran sudah habis,” tambah Somantri.
 
Sedangkan  petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung, Suhardi mengtakan, proses pembuatan akte kelahiran gratis di Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung berjalan cukup lama karena mengalami kendala administrasi. Salah satunya banyak warga yang kurang syarat administrasi sehingga mengharuskan mereka mengurus ke Desa atau Kecamatan.
 
“Warga banyak yang belum lengkap berkas administrasinya, jadi mereka harus kembali mengurus surat dulu ke Desa atau Kecamatan, itulah yang bikin lama,” kata Suhardi.
 
Senada dengan itu, petugas Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Apud, kendala warga yang kurang syarat administrasi mayoritas dari foto copy buku nikah dan kartu keluarga yang sudah lama tidak diperbaharui.
 
“Jadi warga harus lama mengurus dulu surat keterangan nikah dari KUA Kecamatan Pacet, dan memperbaiki Kartu Keluarga di Kecamatan Pacet,” imbuhnya.
 
Penggunaan akte kelahiran saat ini begitu penting karena surat ini diperlukan sewaktu anak masuk sekolah, melamar pekerjaan PNS/Polri/TNI, dan jika hendak menikah. Setiap Kota/Kabupaten di Indonesia mempunyai kebijakan tersendiri dalam pembuatan akte kelahiran. Di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung pembuatan akte kelahiran dilakukan dengan menjemput bola ke masyarakat menggunakan mobil Disdukcapil keliling, mereka datang ke Kelurahan/Desa, rumah sakit, dan klinik bersalin.
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,