Awali 2015, Gubernur Kunker ke Jabar Selatan

Awali 2015, Gubernur Kunker ke Jabar Selatan

Gubernur Aher. (Foto: CIKALNEWS)

Sukabumi - Awali tahun 2015,  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jabar Selatan. Kunker yang didampingi seluruh staf OPD tersebut, dalam rangka menggali aspirasi dan solusi wilayah Jabar khususnya di kawasan selatan agar semakin sejahtera. Di antaranya dengan memasyarakatkan internet pada petani.
 
Dalam diskusi bersama kepala desa dan kelompok petani di PTPN Agrabinta, Kabupaten Sukabumi, Aher mengatakan, salah satu permasalahan pokok para petani adalah pemasaran hasil panen. Karena bila tidak ada jalur pemasaran, petani bisa terjebak dalam sistem ijon atau tengkulak.
 
Gubernur Jabar mencontohkan, keripik Ma Icih yang  berhasil memasarkan produknya lewat internet. Menurutnya walau sama-sama keripik yang terbuat dari singkong tetapi dengan strategi pemasaran lewat internet, keripik tersebut menjadi unggul.
 
“Sok kanu internet sugan we datang pembeli. Komo mun aya nu araneh mah. Banyak pemasaran sukses lewat internet. Banyak urusannya, urusan kiripik cau, kiripik sampeu tapi jadi orang kaya raya. Nu di Bandung aya kiripik Ma Icih, udah beunghar ayeuna teh, gaduh restoran, gaduh sagala macem, pemasarannya pake mobil, awalnya, berlanjut ke internet. Masyarakat jadi terbangun image nya , bahwa keripik Ma Icih adalah keripik yang unggul. Padahal sama saja, kiripik sampeu. Tapi gara-gara internet jadi maju,” ungkap gubernur berdasarkan rilis yang diterima CikalNews.com, Sabtu pagi (3/12/2014).
 
Selanjutnya, Aher kembali memberikan contoh, seperti penjualan ikan koi di Cianjur.
 
“Di cianjur ada masyarakat ternak lauk koi tapi teu laku. Aya we mahasiswa Unpad, didinya, dagang Koi. Dipasarkeun kana blog di internet. Jadi laku we ayeuna teh jadi pasar ikan. Padahal asalnya tidak laku,” tandasnya.
 
Selain memberikan solusi lewat internet Aher juga menjanjikan bantuan Rp 100 juta bagi setiap desa akan terus berjalan, ditambah bantuan dari pusat sebesar Rp 150 juta. Selain itu Aher juga akan memberikan bantuan ternak 125 ekor kambing bagi 5 kelompok tani, serta akan kembali memberikan bantuan bibit pohon karet sekitar 3 juta pohon. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:aher,