Pemprov Usulkan Rp 300 M untuk Perbaiki Jalan Rusak

Pemprov Usulkan Rp 300 M untuk Perbaiki Jalan Rusak

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusulkan dana Rp300 miliar kepada pemerintah pusat untuk perbaikan jalan rusak sepanjang jalur selatan Jabar pada 2015.

 

"Jalan ini sekarang mulai dibiayai oleh pemerintah pusat, mudah-mudahan kita minta diangka Rp300-an miliarlah," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan usai meninjau jalur selatan Jabar di Cianjur, Sabtu (3/1/2015).

 

Ia mengatakan besaran anggaran yang diusulkan itu diperkirakan cukup untuk perbaikan jalan sepanjang 70 kilometer.

 

Total kerusakan jalan selatan Jabar, kata dia, diperkirakan 60 kilometer, sehingga masih ada sisa anggaran yang dapat dialokasikan untuk perawatan jalan di jalur itu.

 

"Mungkin yang masih rusak sekitar 60 kilometer, yang 60-nya diperbaiki dibuat perbaikan jalan, nah sisanya untuk perawatan," katanya.

 

Selain diperbaiki pemerintah pusat, Provinsi Jabar juga pernah mengalokasikan anggaran untuk membangun jalan mulai kawasan Sindang Barang sampai Agrabinta di Kabupaten Cianjur.

 

Namun, jalan yang dibangun provinsi itu, kata dia, sudah hancur kembali akibat lalu lintas truk yang memperbaiki jalan selatan di daerah lain.

 

"Tahun 2012 jalan yang diperbaiki provinsi mulus, tapi karena tiap hari ada truk yang mengangkut beton untuk perbaikan jalan, jadi rusak juga jalan kita yang dibangun oleh provinsi," katanya.

 

Selain memperhatikan kondisi jalan, Gubernur berencana melengkapi fasilitas penerangan jalan umum (PJU) sepanjang jalur selatan Jabar itu.

 

Dia berharap, setelah diperbaiki, jalan tersebut dapat mendongkrak perekonomian hingga dapat menyejahterakan masyarakat wilayah selatan Jabar.

 

"Ya ini kan jalan yang baru diperbaiki yang sangat signifikan pengaruhnya untuk pembangunan ekonomi kawasan selatan," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,