Wagub Minta Pengelolaan Haji Diserahkan ke Daerah

Wagub Minta Pengelolaan Haji Diserahkan ke Daerah

Deddy Mizwar saat diwawancarai usai peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 69. (Foto : ADE)

Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengharapkan, agar pengelolaan ibadah haji diberikan kewenangan sepenuhnya kepada daerah. Di saat otonomi daerah sedang digembar-gemborkan sebaiknya kebijakan perihal penyelenggaraan haji ini dikelola oleh setiap provinsi.
 
Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan, selama ini ibadah haji masih diatur oleh pemerintah pusat, inilah yang menjadi kendala daerah dalam mengatur pemberangkatan dan pemulangan haji.
 
“Ke depan kita sudah punya Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Kabupaten Majalengka, seharusnya kita bisa memberangkatkan rombongan haji dari sana. Kita juga harus punya kewenangan untuk mengatur dan mengelola ibadah haji,” kata Deddy Mizwar seusai menghadiri acara Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-69 di Kantor Kementerian Agama Jawa Barat, Jl. Jend. Sudirman, Kota Bandung, Sabtu (03/01/2015).
 
Provinsi Jawa Barat mengusulkan kepada Kementerian Agama Pusat, agar provinsi dengan jemaah haji yang relatif banyak diberikan kewenangan untuk mengatur sendiri.
 
“Kita mengharapkan kebijakan ini bisa direalisasi kapan pun juga, soalnya Jawa Barat termasuk provinsi dengan jemaah haji terbanyak di Indonesia. Apalagi kita ke depan sudah punya bandara internasional Kertajati untuk memberangkatkat para jemaah haji,” seru Demiz panggilan akrab Deddy Mizwar.
 
Persoalan haji selalu menjadi dilema dalam setiap tahunnya, baik perihal pemberangkatan, penginapan, konsumsi, dan pemulangan jemaah haji. Provinsi dengan jumlah jemaah haji yang banyak diharapkan diberikan kebijakan untuk mengelolanya sendiri. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,