Sunderland Bisa Ukir Sejarah di Piala FA

Sunderland Bisa Ukir Sejarah di Piala FA

Sunderland Bisa Ukir Sejarah di Piala FA.(Foto:Net)

London - Sunderland mendapatkan kesempatan untuk menghidupkan kembali apa yang disebut hari terbesar dalam sejarah 136 tahun mereka ketika mereka dipasangkan dengan Leeds United dalam Piala FA.
 
Klub Wearside itu akan selamanya identik dengan sebuah kemenangan final Wembley saat pihak Leeds Don Revie takluk pada 1973.
 
Sebuah gol dari Ian Porterfield bagi pihak luar Divisi Dua itu membawa kembali trofi ke Roker Park untuk kedua kalinya dan itu tetap sebuah hasil dan kesempatan yang akan selamanya terukir sebagai legenda Piala FA.
 
Selain golnya, Porterfield mengambil peruntungan kedua kepada Jim Montgomery, penjaga gawang Sunderland yang dikenal karena sebuah penyelamatan ikonik dalam sepak bola Inggris, dengan menghentikan serangan dari duo Leeds Trevor Cherry dan Peter Lorimer.
 
Portfield, yang karirnya mengarahkan dia untuk melatih Far East dengan Busan l'Park selama periode tiga tahun sejak 2003, sayang harus kalah dari perlawanan dengan kanker usus pada 2007 dalam usia 61 tahun.
 
Montgomery, sekarang seorang duta besar klub Sunderland, telah menjadi pusat perhatian dalam membangun pertandingan pada pekan ini.
 
"Saya hanya senang orang-orang masih membicarakan Final Piala FA 1973 dan meningat apa artinya saat itu bagi rakyat Sunderland," kata Montgomery.
 
"Saya berusia 29 tahun saat kami memenangkan piala itu dan saya berharap saya berusia 29 tahun lagi sekarang!" ujar Montgomery.
 
Pria berusia 71 tahun itu akan hadir pada babak ketiga Minggu (4/1) yang diperkirakan menarik massa lebih sedikit dari biasanya pada musim ini dengan sekitar 30 ribu orang di Stadium of Light selain pendukung Leeds yang melakukan perjalanan 200 mil ke Timur Laut.
 
Selama lebih dari 42 tahun, peranan itu terbalik dengan dukungan kepada Sunderland dalam Liga Premier meningkat saat turunnya dukungan kepada Leeds yang berjuang dalam kejuaraan lapis kedua sepak bola Inggris itu. (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,