BNPN Habiskan Dana Rp 320 M Tanggulangi Kebakaran Hutan

BNPN Habiskan Dana Rp 320 M Tanggulangi Kebakaran Hutan

Peta titik api rawan kebakaran hutan di Indonesia. (Foto: wri.org)

Palembang – Tingginya tingkat kebakaran hutan di Indonesia, menyebabkan tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan pemeritah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bahkan, untuk tahun ini BNPB sudah menghabiskan dana sebesar Rp 320 miliar dari total anggaran Rp 355 miliar.

Demikian dikemukakan Kepala BNPB Syamsul Maarif di Griya Agung, Jl. Demang Lebar Agung, Palembang, Selasa (23/09/2014). Dari dana itu sebanyak Rp 28 miliar digunakan untuk merekayasa cuaca lewat hujan buatan di Riau. Cara ini cukup efektif menghilangkan titik api di wilayah tersebut.

Menurut data terakhir yang dimiliki BNPB, beberapa wilayah masih terdapat titik api. Wilayah tersebut yaitu  Sumatera Selatan (40 titik), Kalimantan Barat (41 titik), dan Kalimantan Tengah (41 titik).Sedangkan jarak pandang yang masih rendah karena kabut asap tercatat di Pekanbaru (5 kilometer), Palembang (4 kilometer), Pontianak (5 kilometer), Palangkaraya (4 kilometer), Banjarmasin (3 kilometer), dan Samarinda (5 kilometer). (AY)

.

Categories:Nasional,