Dana Haji Bisa Digunakan untuk Beli Pesawat

Dana Haji Bisa Digunakan untuk Beli Pesawat

Dana Haji Bisa Digunakan untuk Beli Pesawat (Foto: Kemenag.go.id)

Jakarta - Irjen Kemenag, M. Jasin menegaskan, dana haji yang jumlahnya mencapai puluhan triliunan rupiah tidak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk membeli pesawat dalam jumlah yang banyak. Pesawat tersebut nantinya bisa digunakan untuk kepentingan haji dan umrah.

Selain itu, Tidak mentutup kemungkinan keuangan haji itu sebagian dapat diinvestasikan untuk membangun gedung jemaah haji di Mekah, Madinah dan Jeddah bila aturan di Saudi Arabia memungkinkan. Sehingga setiap tahun jemaah haji Indonesia tidak direpotkan dengan mencari pemondokan yang kadang-kadang kontraknya diingkari oleh oknum majmuah.

Jasin mengatakan, uang triliunan yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) itu nantinya diinvestasikan dengan hal yang sesuai syariah. Orang-orang yang berada di lembaga itu juga pastinya yang teruji integritasnya. Lembaga itu diaudit BPK juga auditor profesional.

Seperti diketahui, dalam RUU Keuangan Haji diatur mengenai pengelolaan puluhan triliun dana haji. Lembaga baru bernama BPKH akan dibentuk, bila RUU disetujui. Namun pembentukan dan pengelolaan dana haji itu mesti menunggu pengesahan dari DPR. Pembahasan RUU ini sudah dalam tahap penyelarasan. (AY)

.

Categories:Nasional,