Arus Kendaraan di Puncak Merayap di Dua Arah

Arus Kendaraan di Puncak Merayap di Dua Arah

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cianjur - Arus lalu lintas jalur Puncak-Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sejak Minggu siang (4/1/2015) padat merayap, baik yang menuju Bogor maupun dari arah Bandung, sehingga puluhan petugas berusaha mengatur guna mengurangi kemacetan.
 
Pasalnya petugas memperkirakan volume kendaraan dari arah Cipanas/Bandung menuju Bogor akan terus meningkat seiring berakhirnya musim libur panjang akhir-awal tahun.
 
"Menjelang sore volume kendaraan dari kedua arah terus meningkat dengan laju tersendat, namun volume mobil menuju Bogor mendominasi jalur Puncak," ungkap Erwin anggota Satlantas Polres Cianjur, di Cipanas, Minggu.
 
Dia menuturkan, guna menghindari terjadinya antrean panjang kendaraan dan macet total pihaknya melakukan sejumlah rekayasa arus, seperti mengalihkan sejumlah kendaraan ke jalur alternativ dan memasang pagar pembatas jalan di sejumlah titik rawan macet.
 
"Kami memasang pagar pembatas jalan di sejumlah titik rawan seperti di Jalan Raya Pasekon, Pertigaan Kebun Raya Cibodas dan Pertigaan Hanjawar. Hal tersebut cukup efektif menghindari terjadinya macet akibat pengendara yang belok sembarangan," katanya.
 
Pihak Polres Cianjur, tambah dia, belum melakukan sistem buka tutup arus satu arah karena sifatnya situasional. Ketika terjadi antrean dan kendaraan tidak bergerak, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Polres Bogor, untuk melakukan hal tersebut.
 
Sementara itu, menjelang sore antrean panjang kendaraan terlihat mulai keluar dari sejumlah tempat wisata di sepanjang kawasan Puncak-Cipanas. Sebagian besar kendaraan tersebut berpelat nomor Jakarta.
 
Sehingga volume kendaraan terus meningkat di sepanjang jalur Puncak-Cipanas, sebagian besar menuju arah Bogor. Puluhan petugas terlihat berjaga di sejumlah titik keluarnya kendaraan wisatawan yang hendak kembali ke kota asal masing-masing.
 
Sedangkan cuaca sejak pagi hingga menjelang sore di kawasan Puncak-Cipanas, diguyur hujan lebat, sehingga petugas melalui pengeras suara di masing-masing pos aju, mengimbau penguna jalan untuk selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara. (AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:wisata,