Sebagian Kota Makasssar Dilanda Banjir

Sebagian Kota Makasssar Dilanda Banjir

Warga bertahan di dalam rumanya yang kebanjiran di Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (4/1)

Makassar - Akibat curah hujan yang cukup tinggi, banjir melanda sebagian wilayah Kota Makassar dan cenderung meninggi lantaran drainase tidak berfungsi dengan baik.
 
"Kami sudah langganan banjir setiap musim hujan, karena wilayahnya lebih rendah dibandingkan perumahan di sekitanya," kata salah seorang warga Camba Jawayya, Kecamatan Panaikang Husaimah di Makassar, Minggu (4/1/2015).
 
Dia mengatakan, banjir yang mulai setinggi mata kaki itu seharusnya tidak perlu terjadi, jika saluran pembuangan limbah rumah tangga lancar.
 
Namun kenyataannya, lanjut dia, saluran limbah atau got tidak berjalan dengan baik, sehingga jika turun hujan sedikit saja maka wilayahnya langsung terkena banjir.
 
Kondisi serupa juga dialami wrga di Perumahan BTN Hamzy dan BTN Antara.
 
Menurut warga BTN Hamzy Riskayani, selain posisi lahan perumahan yang rendah, juga dipicu oleh adanya rawa-rawa yang airnya meluap jika hujan deras.
 
"Karena itu, sebelum air genangan masuk ke dalam rumah, kursi-kursi dan barang-barang penting lainnya disimpan di tempat yang tinggi," katanya.
 
Dia mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dampak banjir yang kini sudah menggenangi halaman rumah. (AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,