Gempa 4,9 SR Guncang Idaho

Gempa 4,9 SR Guncang Idaho

Ilustrasi.(Foto:Net)

Salmon- Gempa berkuatan sedang menghantam Daerah Idaho Minggu (4/1/2015) WIB, merusak properti dan menyebabkan batu-batu longsor dekat pusat gempa di Challis, satu kota yang dilanda ratusan gempa kecil dalam 10 bulan belakangan ini,kata pihak berwenang.

Gempa tersebut berkekuatan 4.9 skala Richter dan berpusat sekitar 6,5 km dari Challis di pegunungan tengah negara bagian itu, tetapi terasa sampai ke Boise, 3,5 km ke barat daya, kata Survai Geologi Amerika Serikat (USGS).

Gempa itu menyebabkan batu-batu longsor menghancurkan rumah-rumah dan memadamkan aliran listrik di Daerah Custer, kata para pejabat lokal.

Wali kota Challis, Mark Lupher mengatakan ia tidak berada di daerah itu ketika gempa itu terjadi, tetapi pihak berwenang melaporkan kepadanya melalui telepon bahwa mereka tidak tahu apakah ada yang cedera. Beberapa orang yang tinggal dekat pusat gempa itu melaporkan kerusakan properti seperti tembok-tembok rumah mereka retak, katanya.

Terbaru dalam sejumlah gempa yang melanda daerah itu, gempa itu lebih kuat ketimbang yang terjadi sebelumnya termasuk 2,9 skala Richter pada 29 Desember, kata USGS dan mingguan Challis Messenger.

Gempa itu berpusat dekat di mana gempa paling kuat di Idaho, berkekuatan 6,9 skala Richter menewaskan dua anak-anak tahun 1983. Idaho adalah pusat daerah seismik yang membentang dari Montana barat laut sampai ke Nevada selatan.

Para ilmuan mengatakan mereka tidak yakin gempa-gempa lebih kecil akan menjadi lebih kuat di daerah itu.

Pihak berwenang memperingatkan para pengendara di daerah itu untuk hati-hati bagi kemungkinan jatuhnya batu-batu. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,