Geopark Ciletuh Perlu Dikembangkan

Geopark Ciletuh Perlu Dikembangkan

Geopark-Ciletuh.(Foto:Net)

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan objek wisata Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi perlu dikembangkan agar mampu bersaing dengan wisata Geopark di negara lain.


"Tentu potensi kearah seperti Geopark di luar negeri akan dilakukan, mudah-mudahan terus kami kembangkan," kata Gubernur usai meninjau jalur selatan Jabar di Sukabumi, Minggu (4/1/2015).

Ia menuturkan, Geopark Ciletuh sudah menjadi perbincangan di luar negeri bahkan sudah disandingkan dengan geopark yang terkenal di negara lain seperti di London dan Amerika.

"Geopark kita sudah sampai ke Amerika, pembicaraannya sudah mulai disanding-sandingkan dengan Niagara, dengan geopark di negara lain seperti di London dan Amerika," kata Gubernur.

Dia mengatakan Geopark Ciletuh menyuguhkan keindahan alam lautan dan air terjun dari puncak tebing yang terbentuk karena adanya patahan pada sekian juta tahun.

Ia menambahkan, terdapat delapan air terjun yang indah dipandang mengalir dari hulu ke hilir lautan Samudera Hindia.

"Ada air terjun besar namanya curug (air terjun) Awang, curug-curug lain mudah-mudahan bisa kami kembangkan," katanya.

Menurut Gubernur, wisata Geopark tersebut terlebih dahulu perlu dikembangkan dari aspek akses jalan darat dan udara.

Sementara akses darat, kata dia, secepatnya akan didukung dengan dibangunya jalan Tol Ciawi-Sukabumi yang akan memudahkan akses jalan dari kota besar seperti Jakarta ke Geopark Ciletuh.

"Kalau akses darat sih Insya Allah dalam beberapa waktu kedepan akan lebih cepat, jalan tol Ciawi-Sukabumi mudah-mudahan segera dimulai," katanya.

Selanjutnya akses trasportasi udara, kata Gubernur perlu dibangun bandara agar wisatawan dapat dengan cepat menempuh perjalanan menuju Geopark Ciletuh dengan menggunakan pesawat.

Ia berharap, bandara yang dulu dibangun zaman Jepang yakni Citarate dapat difungsikan kembali menjadi bandara yang dapat dilandasi pesawat bermuatan penumpang banyak.

"Ada bandar udara Citarate, dekat ke Ujung Genteng, itu nanti ke geopark dua jaman, tentu ini ke depan harus dipikirkan," kata Gubernur. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bencana,