Pergeseran Tanah, Puluhan KK Mengungsi

Pergeseran Tanah, Puluhan KK Mengungsi

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cianjur - Puluhan kepala keluarga di Kampung Rawa Dage, Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat, terancam pergeseran tanah yang sudah terjadi beberapa hari terakhir, sehingga sebagian telah mengungsi, terutama ketika hujan turun deras.

"Untuk menghindari jatuhnya korban jiwa akibat meluasnya pergeseran tanah itu, kami telah meminta warga untuk mengungsi, terutama ketika hujan turun deras. Saat ini, warga mengungsi ke rumah sanak saudaranya yang dinilai aman dari pergerakan tanah," kata Kasitrantibum Kecamatan Cibeber, Cecep Apendi, saat dihubungi di Cianjur, Minggu (4/1/2015).

Dia menjelaskan, selang beberapa saar mendapatkan laporan dari polisi desa setempat, pihaknya langsung mengintruksikan aparat setempat seperti RT, RW dan polisi desa segera melakukan antisipasi pencegahan dengan cara mengungsikan 40 kepala keluarga yang rumahnya mengalami retak dan lantai rengkah.

"Sejak beberapa hari tarekahir, hujan turun deras sehingga pergeseran tanah terus meluas dan mengancam rumah warga lainnya. Sehingga kami masih meminta warga untuk bertahan dipengungsian sambil menunggu bantuan dari dinas terkait di Pemkab Cianjur," katanya.

Bahkan pihaknya telah melaporkan hal tersebut ke Pemkab Cianjur dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, agar segera ditindaklanjuti karena puluhan kepala keluarga dengan ratusan jiwa saat ini masih mengungsi dan membutuhkan bantuan.

"Sudah kami laporkan beberapa hari yang lalu, baru ada pendataan dari relawan, mungkin dalam beberapa hari kedepan akan ada bantuan untuk warga yang mengungsi," katanya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,