Anas Urbaningrum Tiba di Pengadilan Tipikor

Anas Urbaningrum Tiba di Pengadilan Tipikor

Anas Urbaningrum di Pengadilan Tipikor. (foto:net)

Jakarta - Sekitar pukul 14.00 WIB, terdakwa kasus dugaan penerimaan gratifikasi proyek pembangunan sport center di Bukit Hambalang dan Tindak Pidana Pencucian Uang(TPPU) Anas Urbaningrum tiba di Pengadilan Tipikor.  Dengan mengenakan kemeja putih dilapisi rompi tahanan KPK, Anas disambut teriakan Allahu Akbar oleh para loyalisnya. "Allahu Akbar...Allahu Akbar...," teriak loyalis Anas di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Aksi desak-desakan pun sempat mewarnai kehadiran mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu yang sedianya akan menjalani sidang putusan atas perkara yang membelitnya. Kehadiran Anas bertepatan dengan aksi demonstrasi yang tengah dilakukan kader HMI pro Anas. Mereka menuntut hakim membebaskan Anas.
 
Anas sendiri tampak tenang kendati akan menjalani vonis. Namun, belum terdengar komentar darinya atas sidang yang akan dijalaninya hari ini.  Anas ditetapkan sebagai terdakwa dalam perkara senilai Rp 2,5 triliun ini lantaran menerima gratifikasi dan melakukan TPPU. Atas perbuatannya dia dituntut selama 15 tahun penjara oleh Jaksa dengan denda Rp 500 juta subsider lima bulan kurungan.
 
Mantan Ketua Umum PB HMI ini juga dituntut untuk membayar uang pengganti kerugian negara dengan jumlah yang diperolehnya dari hasil korupsi, senilai  Rp 94.180.050.000 dan 5.261.070 dolar AS dan jika tidak membayar, maka hartanya akan disita.  Anas juga dituntut berupa pencabutan hak politiknya dan pencabutan ijin usaha pertambangan atas nama PT Arina Kotajaya.
(Jr.)**

.

Categories:Politik,