Biaya Makan Hewan Bonbin Rp 3,8 M/Tahun

Biaya Makan Hewan Bonbin Rp 3,8 M/Tahun

Beruang dan hewan karnivora lainnya membutuhkan biaya pakan yang cukup besar. (Foto : ADE)

Bandung –  Manajemen Kebun Binatang Bandung mengaku cukup berat untuk membiayai pakan semua hewan koleksinya. Pasalnya untuk membiaya pakan semua jenis hewan yang ada di Kebun Binatang Bandung, mereka harus merogoh kocek hingga Rp 3,8 miliar per tahun. Setiap tahunnya biaya pakan tersebut pasti mengalami kenaikan.
 
Menurut Kepala Humas Kebun Binatang Bandung, Sudaryo, biaya pakan hewan terbilang cukup besar setiap tahunnya, dan itu pun pasti mengalami kenaikan.
 
“Di tahun 2013 biaya pakan mencapai Rp 3,4 miliar lalu mengalami peningkatan Rp 3,8 miliar di tahun 2014. Itu semua diberikan untuk 900-an hewan koleksi Kebun Binatang Bandung," cerita Sudaryo di Jl. Taman Sari, Kota Bandung, Senin (05/01/2015).
Ia menambahkan, untuk membiayai semua pakan, pihaknya mengandalkan uang dari penjualan tiket. Selain itu manajemen kebun binatang juga berharap kepada para donatur, yang ingin menyumbangkan hartanya untuk kemajuan Kebun Binatang Bandung.
 
Agar kondisi hewan selalu sehat, pihak Kebun Binatang Bandung selalu memperhatikan pola makan dan kesehatan hewan secara berkala. Hewan yang paling berat dalam biaya pakannya yaitu hewan karnivora seperti beruang, singa, harimau, dan macan tutul. Bahkan beberapa jenis hewan karnivora ini bisa menghabiskan sekitar Rp 10 juta per hari untuk makannya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,